Cara Memperbaiki TV Yang Kadang Suaranya Hilang

Cara Memperbaiki TV Yang Kadang Suaranya Hilang

Cara Memperbaiki TV Yang Kadang Suaranya Hilang – Sedikit cerita tentang pengalaman saya menangani TV yang kadang suaranya hilang, Tentu teknisi yang berpengalaman pernah mengalami keluhan TV sistem audionya rusak seperti ini. Bisanya kerusakan yang seperti ini bisa saja mudah dan bisa saja membingungkan, soalnya setiap permasalahan pada TV itu ada yang berbeda kerusakan komponen.

Cara Memperbaiki TV Yang Kadang Suaranya Hilang

Setiap TV memiliki sistem audio yang berbeda beda sehingga dari segi komponen kita perlu jeli dalam mengenali setiap amplifier yang dipakai pada sebuah TV.

Mungkin untuk pemula ini penting untuk dipahami, setiap TV memiliki komponen amplifier audio tapi bisanya di TV memakai amplifier yang berdaya lebih kecil dan bisanya memakai IC sebagai penguatan di akhir.

Input amplifier biasanya diumpan dari blok IC jungle atau IC micom. Bisa juga dari IC program jika masih memakai dua IC.

Bagaimana Untuk Mengenali Blok Audio Ini ?

Salah satu cara paling mudah mengenali blok audio pada sebuah TV yaitu dengan mengurutkan dari kabel speaker.

Dari speakerlah rekan bisa mengenali blok audio pada sebuah TV, diurutkan dari kabel hingga menuju blok audio.

Sebenarnya ada kembaran IC audio yaitu IC vertikal karena sama menempel di pendingin dan jumlah kakinya sama seperti pada TV China wcom. Dengan memakai TDA2003 IC ini hampir mirip degnan IC vertikal 78141. Tapi yang berbeda IC vertikal akan terhubung dengan defleksi yoke. Sedangkan IC audio terhubung dengan speaker.

Nah sekarang kita akan membahas topik utama kita yaitu kerusakan TV yang kadang suaranya hilang

Cara ini bisa diterapkan pada berbagai merek TV seperti Polytron, WCOM, LG, Panasonic, Sanyo, SHARP dan laginya. Karena sistem audio di TV tabung memiliki sistem kerja hampir mirip hanya saja memiliki perbedaan pada komponen.

Pada TV LG yang pernah saya tangani dan memiliki masalah yang sama. Pertama buka TV dan cari blok audio, setelah menemukan blok audio silahkan amati komponen komponen yang berada di blok audio tersebut.

Blok audio ditandai dengan adanya sebuah IC yang menempel pada pendingin dan disitulah terdapat komponen pendukung berupa Elko dan resistor. Amati beberapa komponen terutama pada Elco yang ada disekitar blok audio apakah ada yang mencurigakan atau ada yang terbakar atau ada yang meledak.

Kemudian amati juga solderan kaki IC amplifier. Retaknya solderan juga bisa mengakibatkan TV kadang hilang suara.

Jika perlu langsung solder ulang pada bagian kaki IC yang retak karena kemungkinan penurunan kualitas solderan juga bisa terjadi karena kinerja dari IC audio sangat panas. Bila setelah solder ulang ternyata masih sama kita lanjut ke bagian tegangan audio.

Cari tegangan dari power suplay

Cari tegangan dari power suplay biasanya ada yang memakai tulisan kadang dan juga ada yang tidak ada tulisannya, yaitu tegangan IC audio rata rata 16 volt.

Cara mencari tegangan ini bisa dengan mencari jalur dari output power suplay menuju IC audio.

Pastikan tegangan berada di 15 hingga 16 volt.

Jika terjadi drop ditegangan ini, cari Elco yang memfilter tegangan 16 volt, biasanya berukuran antara 470uf 25volt atau ukuran lainya.

Kebanyakan Elco ini kering bila terjadi drop pada tegangan 16 volt.

Setelah memastikan tegangan normal biasanya TV rusak yang suara kadang hilang, biasanya langsung teratasi.

Jika ketika TV dinyalakan, kemudian PCB digerakkan suara berubah ubah bisa jadi keruskan disebabkan karena adanya komponen yang kendor solderanya.

Sedangakan bila sebaliknya suara tidak berubah pada saat PCB digerakkan, berarti ada tegangangan yang bermasalah.

Kata Penutup

Demikian informasi yang solderpanas bagikan tentang Cara Memperbaiki TV Yang Kadang Suaranya Hilang. Bila bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.