Jelaskan makna kesatuan sosial dan budaya bagi seluruh rakyat Indonesia!

Jelaskan makna kesatuan sosial dan budaya bagi seluruh rakyat Indonesia!

Jawaban :

Masyarakat Indonesia sebagai satu perikehidupan bangsa harus merupakan kehidupan yang serasi dengan tingkat kemajuan yang sama, merata dan seimbang serta adanya keselarasan yang sesuai dengan tingkat kemajuan bangsa.

Pembahasan :

Wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap rakyat, bangsa dan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang meliputi darat, laut dan udara diatasnya sebagai satu kesatuan politik, ekonomi, sosial, budaya dan pertahanan keamanan. Sebagai satu kesatuan sosial budaya, wawasan nusantara mengandung makna :
1. Masyarakat Indonesia sebagai satu peri kehidupan bangsa harus merupakan kehidupan yang serasi dengan tingkat kemajuan yang sama, merata dan seimbang serta adanya keselarasan yang sesuai dengan tingkat kemajuan bangsa.
2. Budaya Indonesia pada dasarnya adalah satu kesatuan dalam keberagaman. Inilah yang menjadi modal dasar pembangunan dan sekaligus jati diri bangsa.

Berdasarkan pembahasan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa makna kesatuan sosial dan budaya bagi seluruh rakyat Indonesia berarti masyarakat Indonesia sebagai satu perikehidupan bangsa harus merupakan kehidupan yang serasi dengan tingkat kemajuan yang sama, merata dan seimbang serta adanya keselarasan yang sesuai dengan tingkat kemajuan bangsa.

Tinggalkan komentar