Zakat Fitrah paling utama diberikan kepada?

Zakat Fitrah paling utama diberikan kepada?

Jawaban:

Zakat Fitrah paling utama diberikan kepada Fakir dan Miskin

Pembahasan:

Mustahik adalah orang-orang yang berhak menerima zakat fitrah. Menurut pendapat yang kuat, orang yang berhak menerima zakat fitrah adalah fakir dan miskin.
Adapun dalil tentang zakat fitrah sebagai berikut.

Orang yang berhak menerima zakat (mustahiq zakat) ada delapan golongan sebagaimana difirmankan Allah swt dalam surah at-Taubah [9] ayat 60 yang berbunyi:

۞ اِنَّمَا الصَّدَقٰتُ لِلْفُقَرَاۤءِ وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْعٰمِلِيْنَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوْبُهُمْ وَفِى الرِّقَابِ وَالْغٰرِمِيْنَ وَفِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَابْنِ السَّبِيْلِۗ فَرِيْضَةً مِّنَ اللّٰهِ ۗوَاللّٰهُ عَلِيْمٌ حَكِيْمٌ ٦٠
“Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang yang berutang, untuk jalan Allah dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui, Maha bijaksana.”

Berdasarkan ayat tersebut, orang yang paling berhak menerima zakat adalah orang yang disebutkan pertama dan kedua, yaitu orang-orang fakir dan orang miskin.

Fakir adalah orang yang tidak mempunyai harta dan kemampuan sama sekali untuk berusaha sehingga tidak mampu mencukupi kebutuhannya dan orang yang dibiayai.
Miskin adalah orang yang mempunyai kemampuan untuk berusaha, namun hasilnya tidak dapat mencukupi kebutuhannya dan orang yang menjadi tanggungannya.
Zakat fitrah dapat diberikan langsung kepada yang berhak menerima atau mustahiknya dan boleh melalui panitia zakat fitrah. Adapun jumlah zakat fitrah yang harus dibayarkan 1 orang adalah 1 sak atau 3,1 liter atau setara 2,5 kg beras untuk ukuran di Indonesia.

Tinggalkan komentar