Siapa saja nama 10 orang sahabat yang di jamin masuk Surga?

Siapa saja nama 10 orang sahabat yang di jamin masuk Surga?

Jawaban:

1. Abu Bakar As-Siddiq (573-634 M).
2. Umar bin Khattab (584-644 M).
3. Utsman bin Affan (577-656 M).
4. Ali bin Abi Thalib (600-661 M).
5. Talha ibn Ubaidullah (596-656 M).
6. Az-Zubair bin Al-Awwam (596-656 M).
7. Abdurrahman bin Auf (580-652 M).
8. Sa’ad bin Abi Waqqas (600-675 M).
9. Said bin Zaid (593-673 M).
10. Abu Ubaidah Al-Jarrah (583-638 M).

Pembahasan:

Nama 10 orang sahabat yang di jamin masuk surga :
1. Abu Bakar As-Siddiq (573-634 M).
Sahabat Nabi Muhammad SAW yang dijamin masuk surga yang pertama yaitu Abu Bakar As-Siddiq. Abu Bakar diberi gelar “As Siddiq” atau “(Pemberi Kebenaran). Dia dua setengah tahun lebih muda dari nabi Muhammad dan orang pertama yang masuk Islam. Abu Bakar, menjadi sahabat terdekat Nabi sallallahu ‘alayhi wa sallam, dan mengambil bagian dalam semua pertempuran yang telah diperjuangkan Nabi Muhammad SAW.

2. Umar bin Khattab (584-644 M).
Sahabat Nabi Muhammad SAW yang dijamin masuk surga berikutnya ialah Umar bin Khattab. Ia memerintah dari Quraisy, suku Banu Adi, dan hidup sebagai salah satu khalifah Muslim paling kuat dan paling berpengaruh yang dikenal dalam sejarah dan menggantikan Abu Bakar sebagai khalifah kedua.
Umar adalah salah satu dari empat Khalifah yang dibimbing dengan benar. Bahkan hari ini, dia terus menjadi teladan untuk kekuatan, keadilan, cinta, dan belas kasihan. Pertobatannya ke Islam menandai awal dari fase baru panggilan tersebut.

3. Utsman bin Affan (577-656 M).
Sahabat Nabi Muhammad SAW yang dijamin masuk surga selanjutnya adalah Utsman bin Affan. Utsman bin Affan lahir di Taif, dekat Mekah kira-kira enam tahun setelah Tahun Gajah dari sebuah keluarga kaya Quraisy.
Sepanjang hidupnya dia adalah pria yang baik, murah hati dan bahkan sebelum dia masuk Islam dia akan dengan bebas memberikan uang untuk membantu mereka yang membutuhkan.  Utsman adalah seorang mualaf awal dan dikatakan telah menghabiskan sejumlah besar kekayaannya untuk amal. Pernikahannya dengan dua putri Nabi telah membuat Utsman mendapat julukan Dhun-Noorayn (yang memiliki dua cahaya).

4. Ali bin Abi Thalib (600-661 M).
Sahabat Nabi Muhammad SAW yang dijamin masuk surga  berikutnya yaitu Ali bin Abi Thalib. Ali lahir pada tanggal 13 Rajab bulan Gajah. Ali dan Nabi Muhammad sama-sama memiliki kakek yang sama. Ali menjadi sangat terikat dalam gerakan Islam di Madinah, di mana dia menjabat sebagai wakil dan utusan Nabi Muhammad SAW, dan menjadi salah satu bawahannya yang paling tepercaya.
Ali sangat dipuji karena kebijaksanaan pepatahnya, seperti terkenal dengan nama Bab ul-Ilm (gerbang menuju pengetahuan). Belajar dari Nabi, dia menjadi salah satu orang penting untuk menjawab pertanyaan teologis.

5. Talha ibn Ubaidullah (596-656 M).
Thalhah adalah anggota suku Abu Bakar. Dia adalah seorang pengusaha sukses yang melakukan perjalanan ke utara dan selatan Jazirah Arab dan mengumpulkan banyak keuntungan. Rasulullah SAW pernah mengenakan dua lapis baju besi dan mencoba untuk naik ke atas sebuah batu, tetapi tidak mampu, maka Thalhah berjongkok di bawahnya, mengangkat Nabi sedemikian rupa sehingga ia dapat duduk di atas batu besar itu.
Allah sangat senang dengan bantuan Thalhah dan Nabi memberitahu Thalhah bahwa surga sekarang wajib baginya (Tirmidzi). Dia kemudian dikenal sebagai “Talha yang Dermawan” dan “Talha yang Baik” karena kemurahan hatinya. Dia terkenal karena membantu mereka yang berhutang, rumah tangga yang mengalami masa-masa sulit, dan janda.

6. Az-Zubair bin Al-Awwam (596-656 M).
Sahabat Nabi Muhammad SAW yang dijamin masuk surga selanjutnya Az-Zubair bin Al-Awwam. Dia terkenal dalam kitab-kitab sebagai “Murid” Nabi. Nabi sendiri memberinya gelar ini. Dia juga seorang sahabat nabi yang terkemuka dan sangat mencintainya.

7. Abdurrahman bin Auf (580-652 M).
Sahabat Nabi Muhammad SAW yang dijamin masuk surga berikutnya yaitu Abdurrahman bin Auf. Abdur-Rahman adalah salah satu dari delapan orang pertama yang menerima Islam.
Dia adalah salah satu dari sepuluh orang yang dijamin masuk surga. Dan salah satu dari enam orang Umar memilih untuk membentuk dewan syura untuk memilih Khalifah setelah kematiannya. Dia menerima Islam hanya dua hari setelah Abu Bakar as-Siddiq melakukannya.

8. Sa’ad bin Abi Waqqas (600-675 M).
Sa’ad bin Abi Waqqas lahir di Mekah. Dia berumur tujuh belas tahun ketika dia memeluk Islam. Sa’ad adalah orang ketujuh belas yang memeluk Islam. Dia terutama dikenal karena kepemimpinannya dalam penaklukan Persia pada tahun 636, menjadi gubernur atasnya, dan kunjungan diplomatik ke China pada tahun 616 dan 651.

9. Said bin Zaid (593-673 M).
Sa’id bin Zaid lahir di Makkah pada tahun 22BH (Sebelum Hijrah). Dia mewarisi keyakinan agama ayahnya tentang Monoteisme Islam, dan menerima Islam sejak usia dini.
Sa’ad bersama istrinya menerima Islam ketika hanya segelintir yang menjadi muslim. Mereka mengalami segala macam pelecehan, ejekan dan penyiksaan karena keputusan mereka.
Sa’ad dan istrinya Fatimah binti Khattab berperan penting dalam konversi Umar bin Khattab yang menjadi salah satu pengikut terbesar Islam. Dia bertugas di tentara penakluk Islam untuk waktu yang lama dan memainkan peran penting dalam menjadikan wilayah Irak dan Suriah menjadi bagian dari tanah Islam.

10. Abu Ubaidah Al-Jarrah (583-638 M).
Dia digambarkan sebagai “Amin” atau Penjaga komunitas Muhammad dengan martabat dan rahmat, seorang pria yang tampan, menyenangkan, berbicara dengan baik dengan tubuh yang tinggi, langsing dan mata yang tajam dan cerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.