Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Di Lampu LED

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Di Lampu LED

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Pada Lampu LED – Mungkin bukan saya saja yang mengalami kesalahan ketika memasang lampu LED yang berakhir dengan LED baru dipasang sudah langsung mati.

Penyebab utama kerusakan pada LED karena kesalahan menyambung kaki positif (+) dan negatif (-) pada lampu LED.

Perlu diketahui lampu LED merupakan salah satu jenis komponen berpolaritas, sehingga pada saat salah dalam pemasangan lampu LED bisa mengakibatkan rusak.

Selain itu, kerusakan lampu LED juga dipicu karena tegangan yang dipakai tidak sesuai dengan spesifikasi yang diperutuntukan untuk lampu LED.

Misal lampu LED dengan voltase 3,6 volt max dipaksa memakai 5 volt maka LED langsung mati bila tanpa memakai resistor pembatas.

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Di Lampu LED

Untuk mengetahui kutub pada lampu LED secara kasap mata jika diperhatikan panjang kaki pada LED, kaki yang panjang adalah kutub positif. Jika tidak bisa menbedakan pada kaki LED, perhatikan kepala LED yang lurus merupakan kutub positif.

Melihat secara fisik

Dengan melihat secara langsung fisik lampu LED kamu akan tau mana yang kaki positif dan mana yang kaki negatif.

Memakai ohm meter

Selain mengamati secara fisik kamu juga bisa memakai ohm meter analog ketika memeriksa lampu LED. Lampu LED akan menyala bila kaki positif berada di probe hitam sedangkan kaki negatif berada di brobe merah.

Kenapa bisa terbalik, memang kondisinya seperti ketika mengukur dioda biasa. Bila jarum bergerak ketika probe hitam pada kaki positif atau anoda, maka itu berarti dioda dalam keadaan normal.

Tapi jika probe merah tester berada pada kaki positif atau anoda, tapi jarum bergeraak itu berarti Dioda bocor.

Nah untuk lampu LED pengukurannya seperti dioda, maka LED akan menyala jika probe hitam berada dikaki positif sedangkan bila kebalikkannya Dioda tidak akan menyala.

Sebenarnya memakai ohm meter hanya untuk memeriksa kerusakan sedangkan paling inti yaitu mengamati fisik LED untuk mengetahui mana kaki positif dan negatif pada lampu LED.

Mungkin juga susatu saat kamu memenemukan LED yang tidak terlihat secara fisik. Maka langkah paling mudah dengan memakai ohm meter x 1. Hal ini akan sering ditemukan pada komponen LED SMD. Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara memakai multimeter ohm untuk memeriksa polaritas LED.

Kata penutup

Demikian informasi yang solderpanas sampaikan tentang Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Di Lampu LED. Jika bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Check Also

Cara Menambah TEF SOCL 504

Cara Menambah TEF SOCL 504

Cara Menambah TEF SOCL 504 – Kali ini saya akan memberi taukan cara menambah driver …