Apa saja unsur unsur dari iklan

Apa saja unsur unsur dari iklan …

Jawaban :

Unsur-unsur iklan adalah sumber iklan, pesan iklan, media penyampaian iklan, penerima iklan, efek iklan, dan umpan balik.

Pembahasan :

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iklan ialah pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.

Ciri-ciri iklan sebagai berikut.
a. Isi yang jelas. Isi iklan disarankan singkat, jujur, menarik perhatian, objektif dan tidak menyinggung salah satu pihak.
b. Informatif, artinya bersifat memberi informasi. Iklan harus bersifat menerangkan tentang produk atau jasa yang ditawarkan.
c. Bahasa yang digunakan mudah dimengerti. Iklan harus menggunakan bahasa yang mudah pahami dan di mengerti sebab memang iklan sendiri tujuannya agar orang ingin dan mau mencoba serta menggunakan produk atau jasa yang diiklankan
d. Iklan dikemas agar menarik perhatian dan minat para pembacanya. Sehingga seseorang ingin mencoba apa yang ditawarkan dalam iklan tersebut.
e. Bersifat mengajak. Iklan yang harus memliki sifat mengajak yang bertujuan agar dapat menarik simpatik banyak orang untuk mencoba dan memakai apa yang diiklankan.

Unsur-unsur iklan sebagai berikut.
a. Sumber iklan, yaitu pihak yang berinisiatif untuk memasang iklan sekaligus memberikan dukungan dana pada iklan yang dipasang.
b. Pesan iklan, yaitu informasi yang ingin disampaikan pemasang iklan yang dapat berupa pesan verbal atau nonverbal.
c. Media penyampaian iklan, yaitu media atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan iklan. Media penyampaian iklan dapat berupa media elektronik, cetak, dan lain-lain.
d. Penerima iklan, yaitu pihak yang menjadi sasaran penerima iklan.
e. Efek iklan, yaitu dampak yang terdapat dalam diri penerima iklan dalam segi sikap, pola pikir, perilaku, atau karakter penerima iklan.
f. Umpan balik, yaitu tanggapan, reaksi, atau respons penerima iklan. Umpan dapat berupa kesediaan untuk membeli produk dan sejenisnya.

Dengan demikian, unsur-unsur iklan adalah sumber iklan, pesan iklan, media penyampaian iklan, penerima iklan, efek iklan, dan umpan balik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.