Cara Servis TV Polytron Protek

Cara Servis TV Polytron Protek

Cara servis TV Polytron protek seperti yang kita tahu beberapa tahun belakangan Polytron mengeluarkan produk baru yang memakai sistem protek. Beberapa seri TV keluaran terbaru seperti U slim series dan MX series yang sudah dilengkapi dengan sistem keamanan atau protek.

Cara Servis TV Polytron Protek

Protek pada TV adalah system yang bertujuan sebagai pengaman jika terjadi kerusakan atau ada arus pendek disirkuit sebuah mesin elektronik. Namun dalam kasus kerusakan yang sering terjadi kesalahan proteksi, membuat keresahan pada pengguna TV.

Penyebab TV Polytron protek dibagi menjadi dua macam yaitu:

  1. Karena Short Sirkuit

Secara sistematis protek dapat terjadi biasanya karena terdapat salah satu tegangan pada komponen yang bermasalah. Tidak menututup kemungkinan ini bisa terjadi karena komponen yang dipakai kadang tidak menjamin ketahanannya. Jika terjadi short pada sirkuit maka fuse akan putus. Di dalam TV Polytron fuse protek ditaruh di elco kecil yang berukuran 1uf/50v.

  1. Protek Karena Fuse 

Penyebab protek yang ke dua pada TV Polytron yakni dikarena oleh kualitas fuse yang dipakai terlalu rendah. Sehingga akan mengakibatkan ketidak mampuan untuk menstabilkan tegangan saat TV dinyalakan.

Ganti semua elco yang berukuran 1uf berada didekat IC vertikal kemudian lakukan percobaan. Berbicara tentang percobaan merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh kita sebagai tukang servis.

Untuk solusi permasalahan ini saya melakukan percobaan dengan melakukan penggantian fuse pada elco 1uf fuse yang mengalami protek terlebih dahulu.

Setelah mengganti saya melakukan uji ketahanan dengan cara menghidupkan TV dan menunggu sampai berapa lama TV bisa hidup. Terdapat dua kemungkinan:

  1. TV dinyalakan dalam beberapa menit langsung protek lagi.
  2. TV kuat selamanya.

Setelah penggantian elco fuse 1uf mati lagi coba ganti elco dengan yang berkualitas atau bisa ganti dengan elco 10uf/50V.

Jika setelah dicoba terjadi protek lagi periksa dan amati hal yang mencurigakan seperti tegangan pensupply IC Croma jalur 5 Volt, dan komponen lainnya terutama elco yang bertugas sebagai pemfilter tegangan dari output blok AC matic.

Sebenarnya masih banyak lagi ulasan masalah TV Polytron yang mengalami protek tapi saya belum tau permasalahan yang selanjutnya.

Akhir Kata

Demikian informasi yang solderpanas sampaikan tentang Cara Servis TV Polytron Protek. Jika informasi ini bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Check Also

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar TV Bergaris Horizontal

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar TV Bergaris Horizontal

Biasanya, penyebab layar tv bergaris secara horizontal dikarenakan pada bagian vertikal televisi tersebut telah mengalami …