Penyebab Kipas Angin Berputar lambat dan Berdengung

Penyebab Kipas Angin Berputar lambat dan Berdengung

Penyebab Kipas Angin Berputar lambat dan Berdengung – Sebagai kebutuhan sehari hari, kipas angin juga akan mengalami kerusakan, karena system kerjanya memakai dinamo. Yang mana kita tahu dinamo memiliki kelemahan yaitu mengeluarkan panas. Sehingga ini menjadi salah satu penyebab kerusakan pada kipas angin yang tidak bisa berputar.

Salah satu masalah kerusakan yang paling sering terjadi pada kipas angin yaitu putaran pada kipas angin melambat meski sudah diatur ke level tertinggi. Atau kadang setelah diatur pada level tertinggi tapi putarannya masih saja lambat maka ini perlu dihentikan karena ini membahayakan dinamo. Karena dinamo menjadi panas belebih dan bisa membakar dinamo sehingga tidak bisa diperbaiki lagi.

Selain putaran kipas angin menjadi lambat. Kebanyakan kerusakan yang dialami kipas angin yaitu pada saat kipas angin dinyalakan hanya berdengung tetapi kipas tidak berputar. Kipas angin dengan dua jenis kerusakan ini dapat diperbaiki tapi tergantung kerusakannya. Ini mengarah pada kemampuan untuk mengganti satu komponen dan kerusakan ini tidak terjadi pada lilitan utama dinamo.

Penyebab Kipas Angin Berputar lambat dan Berdengung

Berikut penyebab kipas angin berputar lambat. Dengan mengetahui penyebabnya rekan akan mengetahui cara memperbaiki kipas angin yang berputar lambat serta berdengung.

  1. Thermostate

Sistem kerja dibeberapa kipas angin memakai thermostate untuk sensor panas. Ini berfungsi ketika dinamo sudah berputar cukup lama thermostat akan mengalami kenaikan impedansi. Tapi bila thermostat rusak akan mengakibatkan kenaikan impedansi yang tinggi sampai kipas menjadi lambat.

Atau kadang thermostate yang rusak bisa menyebankan kipas angin mati total. Ini bisa diperiksa dengan cara memakai ohm meter masih terhubung atau tidak. Tanda normalnya thermostate masih terhubung berarti kerusakan terdapat dibagian komponen lain. Tanda kerusakan pada thermostate yaitu dengan mati total kipas angin. Tapi belum tentu bila belum diperiksa dibagian lilitan spoel

  1. As Dinamo

As dinamo juga adalah salah satu penyebab kipas angin berputar lampat. Ini sering terjadi pada kipas angin yang jarang dipakai. Karena kipas angin yang terlalu lama tidak digunakan akan diserang karat pada laker. Sehingga putaran menjadi lambat atau kadang tidak bisa berputar karena sudah kekunci oleh karat.

Untuk memperbaikinya cukup dengan mengganti laker dinamo atau dengan cukup melumasi dinamo dengan oil.

  1. Kapasitor

Hal yang paling sering menyebabkan kipas lambat untuk berputar juga disebabkan karena capasitor starter. Ini biasanya dikarenakan karena capasitor mengalami penurunan kapasitasnya atau kering. Sehingga tidak bisa mensetabilkan putaran dan ini menyebabkan dinamao lambat berputar. Kerja dari kapasitor yang terdapat dikipas angin yaitu untuk start running putaran kipan bila tidak ada starter berupa kapasitor biasanya hanya terdengar dengung pada dinamo tetapi kipas tidak berputar.

Untuk mengganti kapasitor cukup murah yang penting kapasitasnya harus sama supaya kipas bisa kembali bekerja dengan normal. Misal 1uf 400v maka perlu diganti dengan yang sama. Bila kurang biasanya kipas tidak akan berputar.

  1. Spoel Dinamao

Kerusakan dinamo ditandai dengan putarannya yang melambat disertai dengan dengung. Bila ini sudah terjadi akan sulit untuk diperbaiki. Perbaikan dapat dilakukan asalkan rekan merupakan seseorang yang ahli dalam melilit spoel dinamo.

Kerusakan dinamo ditandai ketika dihidupkan tidak ada reaksi apapun atau mati total. Pada saat dibongkar dibagian lilitan dinamo terdapat semacam bubuk. Dan itu tanda terdapat jamur yang merusak lilitan dinamo. Ini biasanya disebabkan oleh kipas angin yang jarang dipakai atau dibiarkan terlalu kotor dan ditempatan di ruangan yang lembab.

Cara Memperbaiki Kipas Angin

Sekarang sudah tersedia mesin kipas angin glondongan yang siap dipasang untuk menggantikan dinamo kipas yang rusak. Kalau dipikir ini lebih efektif dibanding membeli kipas baru meskipun ke tahanannya masih dipertanyakan.

Tadi Beberapa yang menyebabkan kipas angin berputar lambat dan berdengung. Semua ini bisa diperbaiki asalkan dinamonya tidak terbakar.

Akhir Kata

Demikian informasi yang solderpanas sampaikan tentang Penyebab Kipas Angin Berputar lambat dan Berdengung. Jika informasi ini bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.