Apa jenis jenis pantun

Apa jenis jenis pantun …

Jawaban :

Jenis-jenis pantun terdiri dari pantun anak-anak, pantun cinta, pantun nasihat, pantun jenaka, dan pantun teka-teki.

Pembahasan :

Pantun adalah bentuk puisi Indonesia (Melayu), tiap bait (kuplet) biasanya terdiri atas empat baris yang bersajak (a-b-a-b), tiap larik biasanya terdiri atas empat kata, baris pertama dan baris kedua biasanya untuk tumpuan (sampiran) saja dan baris ketiga dan keempat merupakan isi.

Berikut beberapa contoh jenis pantun.
1. Pantun anak-anak adalah jenis pantun yang mempunyai hubungan dengan masa kanak-kanak, seperti menggambarkan suka cita maupun duka cita.
2. Pantun cinta adalah pantun yang isinya berisi pesan yang berhubungan dengan kisah cinta, seperti keromantisan, rasa rindu.
3. Pantun nasihat adalah pantun yang bertujuan menyampaikan pesan moral atau didikan, biasanya pantun ini berisi pesan bijak untuk berbuat baik.
4. Pantun jenaka adalah pantun yang isinya mengandung sesuatu yang lucu dan menarik sehingga dapat mengundang tawa, menghibur hati, dan membuat suasana lebih ceria.
5. Pantun teka-teki adalah pantun yang berisi pertanyaan pada bagian isinya sehingga harus dijawab oleh pendengarnya.

Berdasarkan pemaparan tersebut, jenis-jenis pantun terdiri dari pantun anak-anak, pantun cinta, pantun nasihat, pantun jenaka, dan pantun teka-teki.

Dengan demikian, jenis-jenis pantun terdiri dari pantun anak-anak, pantun cinta, pantun nasihat, pantun jenaka, dan pantun teka-teki.

Leave a Reply

Your email address will not be published.