Bacaan di atas memberikan informasi mengenai permasalahan kesehatan di daerah

Bacalah bacaan berikut untuk mengerjakan soal pilihan ganda dan uraian!
Wujudkan Masyarakat Sejahtera dengan Menggalakkan Losmen Kompetens Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah dr. Yulianto Prabowo, M.Kes, mengungkapkan bahwa salah satu tolok ukur sehat adalah terwujudnya masyarakat yang sejahtera. Sehat memiliki makna yang sangat luas. Bahkan, berdasarkan Undang-Undang Kesehatan disebutkan bahwa yang dikatakan sehat adalah tidak ada gangguan dari dalam tubuh. Sehat adalah sehat secara jiwa, raga, dan sosial spiritualnya.

Sehat jiwanya berarti terbebas dari penyakit, baik penyakit menular ataupun tidak menular. Dinas Kesehatan tidak hanya fokus pada pengobatan saja, tetapi juga mencegah masyarakat agar tidak sampai sakit. Oleh karena itu, pihaknya berupaya memberikan sosialisasi pencegahan penyakit, sebagai upaya peningkatan kesehatan masyarakat Jawa Tengah. Menurut beliau, apabila semua penyakit bisa dicegah maka masyarakat tidak ada yang sakit.

Untuk mencegah datangnya penyakit, masyarakat perlu menerapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Jika penyakit menular, penanganannya dilakukan dengan memutus mata rantai penularannya.

Bacaan di atas memberikan informasi mengenai permasalahan kesehatan di daerah …
a. Sulawesi Tengah
b. Jawa Tengah
c. Sumatra Barat
d. Papua

Jawaban :

B. Jawa Tengah

Pembahasan :

Informasi adalah kumpulan penjelasan yang disampaikan pada khalayak. Informasi bersifat penting sehingga dalam bentuk teks menjadi inti suatu pembahasan.

Cara menemukan informasi dalam sebuah teks adalah sebagai berikut.
1. Bacalah teks secara keseluruhan dengan saksama.
2. Tentukan informasi penting dalam teks.
3. Pahami setiap informasi yang disampaikan.
4. Cocokkan informasi yang didapatkan dengan teksnya.

Berdasarkan penjelasan, bacaan di atas memberikan informasi mengenai permasalahan kesehatan di daerah Jawa Tengah. Informasi tersebut sesuai dengan isi teks dalam paragraf (3), yaitu “Oleh karena itu, pihaknya berupaya memberikan sosialisasi pencegahan penyakit, sebagai upaya peningkatan kesehatan masyarakat Jawa Tengah.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Tinggalkan komentar