Lebah lebah yang hinggap di bunga itu sedang menghisap nektar. Peristiwa tersebut mutualisme karena saling menggantungkan. Kata pada kalimat tersebut yang ejaannya salah

Lebah lebah yang hinggap di bunga itu sedang menghisap nektar. Peristiwa tersebut mutualisme karena saling menggantungkan.
Kata pada kalimat tersebut yang ejaannya salah…
A. Lebah lebah
B. Mutualisme
C. Menghisap
D. Nektar

Jawaban :

A dan C.

Penjelasan :

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ejaan adalah kaidah cara menggambarkan bunyi-bunyi (kata, kalimat, dan sebagainya) dalam bentuk tulisan (huruf-huruf) serta penggunaan tanda baca.
Untuk menentukan ejaan yang benar, dapat dilihat pada PUEBI.

Menurut Siti Maimunah dalam buku Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi (2019), berikut fungsi ejaan diantaranya:
– Sebagai pembakuan dalam membuat tata bahasa agar semakin baku.
– Membuat pemilihan kosa kata dan istilah menjadi lebih baku.
– Sebagai penyaring unsur bahasa asing ke Bahasa Indonesia sehingga dalam penulisannya tidak menghilangkan makna aslinya.
– Penggunaan ejaan dapat membantu mencerna informasi dengan lebih cepat dan mudah, karena penulisan bahasa yang lebih teratur.

Berikut analisis pilihan jawaban di atas:
A. Lebah lebah (seharusnya lebah-lebah)
B. Mutualisme (sudah tepat)
C. Menghisap (tidak baku, kata baku yang seharusnya adalah mengisap)
D. Nektar (sudah tepat)

Mengacu pada penjelasan di atas, ejaan yang tepat meliputi penggunaan kata baku dan penggunaan tanda baca yang sesuai. Sehingga, kata yang ejaannya salah padakalimat di atas adalah A.Lebah lebah dan C. Menghisap.

✅Baca Juga :  Penggunaan pestisida yang berlebihan dapat membuat hama yang sering terkena zat kimia ini menjadi kebal. Antonim kata kebal yaitu

Leave a Reply

Your email address will not be published.