Jelaskan tiga contoh interaksi manusia dengan lingkungan alam yang merugikan manusia dan lingkungannya.

Dampak Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alam

Manusia tidak bisa lepas dari lingkungannya. Lingkungan dan manusia saling berinteraksi dan saling memengaruhi. Lingkungan dapat memberikan manfaat bagi manusia. Manusia memanfaatkan lingkungan untuk memenuhi kebutuhannya. Beberapa bentuk pemanfaatan lingkungan oleh manusia, antara lain untuk lahan pertanian, perkebunan, perikanan, permukiman, dan industri

Sayangnya, sering kali manusia memanfaatkan lingkungan dengan kurang bertanggung jawab. Untuk memperoleh hasil pertanian yang melimpah, manusia menggunakan pupuk kimia dan pestisida yang berbahaya bagi kelestarian lingkungan. Untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal, manusia menebangi hutan. Ada pula aktivitas manusia yang membuang limbah hasil industri ke sungai tanpa diolah terlebih dahulu. Manusia juga membuang sampah secara sembarangan ke sungai. Hal ini menimbulkan pencemaran.

Perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab akan menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan manusia itu sendiri. Misalnya, penebangan pepohonan di hutan akan menyebabkan hutan gundul. Ingat, salah satu fungsi hutan adalah menyerap dengan cepat dan menyimpan air dalam jumlah yang banyak ketika hujan lebat terjadi. Ketika hutan beralih fungsi menjadi permukiman maka derasnya air hujan tidak dapat terserap dengan cepat ke dalam tanah. Air akan menggenang sehingga terjadilah banjir di permukiman penduduk. Sebenarnya, banjir tidak hanya disebabkan oleh adanya perubahan fungsi hutan menjadi daerah pemukiman. Seperti telah disebutkan sebelumnya, banjir dapat diakibatkan oleh perilaku manusia yang membuang sampah sembarangan, yaitu di sungai.

Penebangan pepohonan terutama yang terdapat di lahan miring dapat menyebabkan tanah longsor. Akar pohon yang ada di lahan miring bermanfaat untuk memperkuat struktur tanah. Jika pepohonan itu ditebangi maka tanah menjadi tidak kukuh sehingga mudah longsor.

Jelaskan tiga contoh interaksi manusia dengan lingkungan alam yang merugikan manusia dan lingkungannya.

Jawaban :

1. Penebangan pohon yang membuat hutan gundul yang menyebabkan tidak ada tanah untuk menyerap air.
2. Penebangan pohon di tanah miring yang membuat tanah longsor.
3. Perilaku membuang sampah sembarangan yang membuat banjir.

Penjelasan :

Teks di atas memiliki empat paragraf. Masing-masing paragraf memiliki kesinambungan topik, yakni dampak negatif interaksi manusia dengan lingkungan alam sesuai dengan judulnya.

Pada soal ditanyakan tiga contoh interaksi antara manusia dan lingkungan yang merugikan manusia dan lingkungannya. Jawaban atas pertanyaan ini dapat ditemukan dengan cara membaca keseluruhan isi topik. Setelah melakukan pembacaan ditemukan jawaban pada paragraf ketiga dan paragraf keempat sesuai kutipan berikut.

“Perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab akan menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan manusia itu sendiri. Misalnya, penebangan pepohonan di hutan akan menyebabkan hutan gundul. Ingat, salah satu fungsi hutan adalah menyerap dengan cepat dan menyimpan air dalam jumlah yang banyak ketika hujan lebat terjadi. Ketika hutan beralih fungsi menjadi permukiman maka derasnya air hujan tidak dapat terserap dengan cepat ke dalam tanah. Air akan menggenang sehingga terjadilah banjir di permukiman penduduk. Sebenarnya, banjir tidak hanya disebabkan oleh adanya perubahan fungsi hutan menjadi daerah pemukiman. Seperti telah disebutkan sebelumnya, banjir dapat diakibatkan oleh perilaku manusia yang membuang sampah sembarangan, yaitu di sungai.

Penebangan pepohonan terutama yang terdapat di lahan miring dapat menyebabkan tanah longsor. Akar pohon yang ada di lahan miring bermanfaat untuk memperkuat struktur tanah. Jika pepohonan itu ditebangi maka tanah menjadi tidak kukuh sehingga mudah longsor.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah sebagai berikut.
1. Penebangan pohon yang membuat hutan gundul yang menyebabkan tidak ada tanah untuk menyerap air.
2. Penebangan pohon di tanah miring yang membuat tanah longsor.
3. Perilaku membuang sampah sembarangan yang membuat banjir.

Tinggalkan komentar