Apa ide pokok paragraf tersebut?

Berkat latihan yang tekun, keduanya telah menguasai teknik flag atau bendera. Teknik ini mengharuskan mereka berpegangan dua tangan pada tiang dan mengangkat kedua kakinya sejajar dengan kedua tangan, layaknya bendera yang sedang berkibar pada tiang. Dengan kondisi tubuh yang kuat, mereka mudah melakukan gerakan tersebut.

Apa ide pokok paragraf tersebut?

Jawaban :

Ide pokok teks di atas adalah penguasaan teknik flag atau bendera.

Penjelasan :

Ide pokok adalah inti atau gambaran dari keseluruhan isi paragraf yang bersifat khusus. Ide pokok berada di akhir paragraf, di tengah paragraf, di awal paragraf, di awal dan di akhir paragraf, atau adakalanya di seluruh paragraf.

Cara menemukan ide pokok adalah sebagai berikut.
1. Membaca keseluruhan teks dengan cermat.
2. Menggarisbawahi poin-poin penting.
3. Menentukan kalimat utama dan kalimat penjelas.
4. Menentukan ide pokok.

Pada paragraf di atas, ide pokoknya terdapat pada kalimat pertama, yakni “Berkat latihan yang tekun, keduanya telah menguasai teknik flag atau bendera.” Pernyataan tersebut menjelaskan tentang penguasaan teknik flag atau bendera. Sementara itu, kalimat kedua dan ketiga, yakni “Teknik ini mengharuskan mereka berpegangan dua tangan pada tiang dan mengangkat kedua kakinya sejajar dengan kedua tangan, layaknya bendera yang sedang berkibar pada tiang. Dengan kondisi tubuh yang kuat, mereka mudah melakukan gerakan tersebut.” menjadi kalimat penjelas yang menjelaskan atau mendukung kalimat pertama. Oleh karena itu, ide pokok dalam paragraf di atas adalah penguasaan teknik flag atau bendera.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah penguasaan teknik flag atau bendera.

Check Also

Gigitan hewan … bisa menyebabkan penyakit demam berdarah Kata yang sesuai untuk melengkapi kalimat dinayas adalah

Gigitan hewan … bisa menyebabkan penyakit demam berdarah Kata yang sesuai untuk melengkapi kalimat dinayas …