Giuliano Stroe sendi ri mengaku bahwa ia tidak merasa terbebani dengan program dan jadwal latihan yang telah ditetapkan ayahnya. Di waktu senggang, ia suka menonton film kartun dan melu kis. Meskipun sudah terkenal, ia masih bisa bermain dengan ternan-ternan sebaya Apa ide pokok paragraf tersebut?

Giuliano Stroe sendi ri mengaku bahwa ia tidak merasa terbebani dengan program dan jadwal latihan yang telah ditetapkan ayahnya. Di waktu senggang, ia suka menonton film kartun dan melu kis. Meskipun sudah terkenal, ia masih bisa bermain dengan ternan-ternan sebaya

Apa ide pokok paragraf tersebut?

Jawaban :

Ide pokok teks di atas adalah pengakuan Giuliano Stroe yang tidak merasa terbebani dengan program dan jadwal latihan yang telah ditetapkan ayahnya.

Penjelasan :

Ide pokok adalah inti atau gambaran dari keseluruhan isi paragraf yang bersifat khusus. Ide pokok berada di akhir paragraf, di tengah paragraf, di awal paragraf, di awal dan di akhir paragraf, atau adakalanya di seluruh paragraf.

Cara menemukan ide pokok adalah sebagai berikut.
1. Membaca keseluruhan teks dengan cermat.
2. Menggarisbawahi poin-poin penting.
3. Menentukan kalimat utama dan kalimat penjelas.
4. Menentukan ide pokok.

Pada paragraf di atas, ide pokoknya terdapat pada kalimat pertama, yakni “Giuliano Stroe sendiri mengaku bahwa ia tidak merasa terbebani dengan program dan jadwal latihan yang telah ditetapkan ayahnya.” Pernyataan tersebut menjelaskan tentang pengakuan Giuliano yang tidak merasa terbeban dengan program dan jadwal latihan yang ditetapkan ayahnya. Sementara itu, kalimat kedua dan ketiga, yakni “Di waktu senggang, ia suka menonton film kartun dan melukis. Meskipun sudah terkenal, ia masih bisa bermain dengan ternan-ternan sebaya.” menjadi kalimat penjelas yang menjelaskan atau mendukung kalimat pertama bahwa Giuliano Stroe tetap bisa bermain dan melakukan aktivitas seperti anak pada umumnya di waktu senggangnya latihan. Oleh karena itu, ide pokok dalam paragraf di atas adalah

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pengakuan Giuliano Stroe yang tidak merasa terbebani dengan program dan jadwal latihan yang telah ditetapkan ayahnya.

Tinggalkan komentar