Ubahlah bentuk puisi tersebut kedalam bentuk prosa!

Ubahlah bentuk puisi tersebut kedalam bentuk prosa!
Guruku
Kau ajarkan kami menulis
Kau ajarkan kami membaca
Kau ajarkan kami ilmu
Agar kami menjadi yang berguna
Terimakasih Guruku
Jasamu akan selalu dihati

Jawaban :

Bentuk prosa pada puisi tersebut adalah “Guruku, engkau adalah seseorang yang mengajarkan kami menulis dan membaca sehingga kami menjadi sosok yang berilmu. Engkau melakukan itu agar kami menjadi orang yang berguna. Terima kasih guruku. Aku akan selalu mengenang jasamu.”

Pembahasan :

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengubah bentuk puisi menjadi prosa adalah melakukan parafrasa. Parafrasa merupakan penguraian kembali suatu teks atau karangan dalam bentuk kata-kata lain untuk menjelaskan maksud tersembunyi.

Cara memparafrasa suatu karangan sebagai berikut.
1. Membaca karangan secara saksama dan teliti.
2. Menentukan kata kunci pada karangan.
3. Mencari arti kata yang tidak dipahami.
4. Menguraikan isi karangan dengan bahasa yang lain.

Berdasarkan penjelasan di atas, parafrasa yang tepat untuk penggalan puisi tersebut adalah “Guruku, engkau adalah seseorang yang mengajarkan kami menulis dan membaca sehingga kami menjadi sosok yang berilmu. Engkau melakukan itu agar kami menjadi orang yang berguna. Terima kasih guruku. Aku akan selalu mengenang jasamu.”

Dengan demikian, bentuk prosa pada puisi tersebut adalah “Guruku, engkau adalah seseorang yang mengajarkan kami menulis dan membaca sehingga kami menjadi sosok yang berilmu. Engkau melakukan itu agar kami menjadi orang yang berguna. Terima kasih guruku. Aku akan selalu mengenang jasamu.”

Tinggalkan komentar