Kalimat utama paragraf tersebut adalah

Bahasa daerah berperan dalam menjaga budaya daerah. Tata nilai budaya Indonesia itu ada dalam karya sastra. Nilai itu ada pada pantun, cerita rakyat, mitos, juga legenda. Sementara, banyak bahasa daerah yang kini terancam punah. Oleh karena itu perlu mendapatkan perhatian khusus benar-benar hilang dari kehidupan berbangsa kita.
Kalimat utama paragraf tersebut adalah…
A. Bahasa daerah berperan dalam menjaga budaya daerah.
B. Tata nilai budaya Indonesia itu ada dalam karya sastra.
C. Nilai itu ada pada pantun, cerita rakyat, mitos, juga legenda.
D. Sementara, banyak bahasa daerah yang kini terancam punah.

Jawaban :

A. Bahasa daerah berperan dalam menjaga budaya daerah.

Pembahasan :

Kalimat utama adalah kalimat yang berisi gagasan utama atau ide pokok yang digunakan sebagai pengembangan dalam sebuah paragraf.

Cara menemukan kalimat utama adalah:
1. Mencari kalimat yang berisi ide pokok dari paragraf. Ide pokok paragraf berdiri sendiri, memuat informasi umum, dan memuat permasalahan atau ide tertentu yang bersifat umum.
2. Cari kalimat penjelasan dari kalimat utama.
3. Perhatikan rujukan pada kalimat penjelas.

Letak kalimat utama bisa berada pada awal kalimat (deduktif), akhir kalimat (induktif), dan campuran (awal dan akhir kalimat).

Berdasarkan penjelasan di atas, kalimat utama terletak pada kalimat pertama paragraf yang berbunyi “Bahasa daerah berperan dalam menjaga budaya daerah.” Kalimat tersebut merupakan kalimat utama karena mengandung inti dari bacaan dan bersifat umum mencakup keseluruhan, sedangkan kalimat-kalimat setelahnya merupakan kalimat penjelas dari kalimat utama.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.

Tinggalkan komentar