Ide pokok bacaan di atas adalah

Bacalah teks berikut!

Kelestarian Suaka Margasatwa Nantu di Goronalo semakin terancam. Pasalnya, di sana kini mulai hadir penambang liar. Mereka mencari emas. Penambang liar tersebut jumlahnya mencapai ratusan orang.

Ide pokok bacaan di atas adalah ….
a. terancamnya kelestarian Suaka Margasatwa Nantu
b. penambangan liar di Suaka Margasatwa Nantu
c. penyebab penambangan liar di Suaka Margasatwa Nantu

Jawaban :

A. Terancamnya kelestarian Suaka Margasatwa Nantu

Pembahasan :

Ide pokok disebut juga dengan istilah gagasan umum atau gagasan utama. Ide pokok adalah gagasan yang disampaikan penulis sebagai pokok pembahasan dan menjadi pengendali sebuah paragraf serta dasar dalam mengembangkan sebuah paragraf. Ide pokok dapat terletak di awal paragraf, akhir paragraf, awal-akhir paragraf, di tengah paragraf, dan menyebar.

Berikut adalah cara menentukan ide pokok pada sebuah paragraf.
1. Membaca keseluruhan paragraf secara saksama.
2. Memperhatikan letak kalimat utama yang memuat ide pokok pada awal paragraf, akhir paragraf, atau awal dan akhir paragraf.
3. Pastikan bahwa kalimat utama tersebut tidak diawali dengan kata hubung tertentu.
4. Pastikan pula bahwa kalimat utama memuat informasi pokok yang berkaitan dengan kalimat penjelas lainnya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat diketahui bahwa ide pokok bacaan di atas adalah terancamnya kelestarian Suaka Margasatwa Nantu. Ide pokok tersebut didapatkan dari kalimat utama paragraf tersebut yaitu “Kelestarian Suaka Margasatwa Nantu di Goronalo semakin terancam.” Kalimat utama juga merupakan gagasan pokok pada sebuah paragraf. Gagasan pokok, diikuti oleh gagasan penjelas yang terdapat di kalimat kedua hingga kalimat akhir sebuah paragraf, yaitu “Pasalnya, di sana kini mulai hadir penambang liar. Mereka mencari emas. Penambang liar tersebut jumlahnya mencapai ratusan orang.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A, yaitu terancamnya kelestarian Suaka Margasatwa Nantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.