Cara Merawat TV LED agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat TV LED agar Tidak Cepat Rusak

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, semakin banyak bermunculan produk-produk elektronik baru yang tentunya sudah semakin canggih. Salah satunya adalah TV LED. Seiring dengan berkembangnya zaman maka kalian tak hanya dituntut untuk mahir mengoperasikan produk tersebut, melainkan juga mampu merawatnya. Lalu, bagaimanakah cara untuk merawat TV LED yang benar agar tidak cepat rusak?

Tentunya ada beragam faktor yang menyebabkan produk-produk eletronik tidak awet. Contohnya faktor lingkungan, lokasi, dan juga material yang digunakan oleh brand tersebut.

Tetapi, bukan berarti produk elektronik dari merek terkenal selalu diproduksi dengan material yang terbaik, ya. Jadi, supaya produk elektronik kalian awet, berikut ini adalah tips merawat TV LED agar tidak cepat rusak.

 

Cara Merawat TV LED agar Tidak Cepat Rusak

Seperti yang kita tahu bahwa harga reparasi produk elektronik itu tidaklah murah. Jadi, daripada mengeluarkan banyak biaya untuk memperbaiki, sebaiknya kalian mengantisipasi hal itu terjadi.

Berikut adalah 7 cara yang bisa kalian lakukan.

 

1. Peletakan TV LED

Cara pertama yaitu dengan memerhatikan peletakannya. Oleh karena itu, kalian bisa meletakan TV LED di tempat atau bidang yang datar dan rata. Misalnya jika kalian ingin meletakan benda ini di meja, maka tempatkanlah pada bagian tengah meja agar tidak mudah terjatuh. Selain itu, pastikan juga lokasi dari TV bersih dan tidak mudah terkena debu.

Mengapa begitu? Karena, debu dapat menutupi lubang sirkulasi udara pada TV yang dapat mengakibatkan suhu pada TV menjadi naik atau panas. Jadi, kalian bisa mengakalinya dengan memasangnya pada dinding menggunakan wall bracket. Tetapi, jangan lupa untuk memastikan bracket tersebut kuat sehingga tidak TV tidak mudah jatuh.

 

2. Beri Jarak

Selain meletakan pada bidang yang datar, kalian juga harus memberi jarak antara TV LED dan dinding kurang lebih 10 cm untuk mencegah TV cepat panas. Selain itu, aturlah juga posisi TV supaya tidak terkena cahaya matahari secara langsung.

Karena, cahaya matahari mengandung radiasi yang dapat membahayakan kondisi layar TV LED dan dapat menyebabkan layar monitor jadi cepat kusam.

 

3. Jauhkan TV dari Benda yang Bisa Merusaknya

Tanpa disadari, ada beberapa benda yang dapat menyebabkan TV cepat rusak. Cara untuk merawat TV LED agar tidak cepat rusak bisa dilakukan dengan hal-hal kecil seperti menjauhkan TV dari medan magnet, seperti speaker yang berukuran besar karena dapat merusak komponen dalam TV LED.

Selain itu, jangan meletakan smartphone di sekitar TV karena sinyalnya bisa mengacaukan sistem kerja dari TV.

 

4. Bersihkan Secara Rutin

Cara selanjutnya yaitu dengan membersihkannya secara rutin. Selain agar enak dipandang, kotoran atau debu yang menumpuk di TV juga bisa merusak komponen yang ada di dalamnya.

Karena itulah, kalian harus rajin membersihkan jangan menunggu sampai debu menumpuk. Jika kondisi layar sudah cukup kotor, segera bersihkan dengan cairan pembersih optik. Apalagi, jika TV LED kalian sudah sulit dibersihkan, maka segeralah meminta bantuan pada tukang servis elektronik.

 

5. Perhatikan Daya Listrik

Ternyata penggunaan daya listrik yang tidak stabil juga bisa merusak komponen dalam TV LED. Oleh karena itu, kalian bisa menggunakan UPS atau stabilizer supaya penggunaan listrik pada TV lebih stabil.

Tak hanya itu, kalian juga bisa mengatur kecerahan pada TV supaya tidak terlalu terang. Tentunya hal ini juga akan membuat layar jadi jauh lebih awet.

 

6. Bijak dalam Menggunakan TV LED

Sebenarnya cara selanjutnya ini sudah sangat lazim dilakukan. Akan tetapi, jika kalian melakukannya dengan konsisten tentunya bisa berdampak sangat baik bagi TV kalian.

Jika kalian sedang tidak menggunakan atau menonton TV, sebaiknya kalian cabut colokan listriknya. Karena, hal ini bisa membuat TV tidak selalu standby yang lama-kelamaan dapat menyebabkan komponen TV di dalamnya rusak.

 

7. Atur Tingkat Kontras

Selain mengatur tingkat kecerahan, kalian juga harus mengatur tingkat kontras TV. Karena, cara untuk merawat TV LED agar tidak cepat rusak bisa dengan memperpanjang usia penggunaannya, lho.

Jadi, kalian bisa mengatur kontras pada kondisi standar sesuai dengan set atau pengaturan awal saat membeli.

Dan itulah tadi Cara merawat TV LED agar tidak cepat rusak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.