Soft Start Sederhana Anti Jeglek

Soft Start Sederhana – Anda pasti pernah mengalami listrik dirumah “jeglek” atau turun, bahkan biarpun anda telah menggunakan Daya listrik yang cukup besar namun listrik jeglek masih sering terjadi.

Sebenarnya tanpa disadari Ketika anda pertama kali menghidupkan peralatan listrik seperti lampu, setrika, computer, dan peralatan yang menggunakan listrik lainya penggunaan daya listrik akan melonjak naik.

Hal ini juga akan berimbas pada pemakaian listrik yang meningkat dan membuat biaya tagihan listrik juga meningkat. Apalagi jika sering jeglek dan otomatis pada saat dinyalakan Kembali penggunaan daya juga akan naik secara tiba – tiba.

Lalu bagaimana cara mengatasi listrik sering jeglek pada saat pertama kali menyalakan perangkat elektronik ? Simak pembahasan solderpanas ini.

Solusinya adalah dengan membuat Soft Start yang akan membuat tarikan daya listrik pada saat pertama kali dinyalakan menjadi lebih halus dan berkurang. Ini bisa menghilangkan masalah listrik sering jeglek karena tidak ada lagi lonjakan arus listrik secara tiba – tiba.

Apa Itu Soft Start?

Soft Start adalah sebuah alat sederhana yang digunakan untuk mengurangi atau menghilangkan loncakan arus listrik secara tiba – tiba pada saat pertama kali menyalakan peralatan listrik atau elektronik.

Dengan menggunakan alat sederhana ini dapat mengurangi kerusakan pada perangkat elektronik karena arus listrik yang tidak stabil. Perlu diketahui bahwa peralatan elektronik pada saat pertama kali dinyalakan akan membuat lonjakan arus listrik yang biasanya membuat MCB jeglek. Namun Ketika peralatan elektronik telah menyala, arus listrik akan Kembali stabil.

Rekomendasi :

Skema Rangkaian Soft Start Anti Jeglek

Rangkaian Soft Start Sederhana

Membuat soft start dengan rangkaian diatas hanya disarankan untuk anda yang mengerti dan memiliki keahlian dalam bidang elektronik.

Beberapa jenis alat soft start yang umum digunakan antara lain:

Rangkaian Resistor dan Kapasitor

Rangkaian resistor dan kapasitor merupakan alat soft start yang paling sederhana dan murah. Rangkaian ini bekerja dengan memperlambat laju naiknya tegangan dan arus saat motor atau peralatan listrik dinyalakan.

Rangkaian SCR (Silicon-Controlled Rectifier)

Rangkaian SCR adalah alat soft start yang menggunakan transistor SCR untuk mengatur arus listrik yang masuk ke motor atau peralatan listrik. Rangkaian SCR bekerja dengan memotong bagian awal gelombang sinus saat motor atau peralatan listrik dinyalakan, sehingga mengurangi lonjakan arus yang tinggi.

Alat Soft Starter Elektronik

Alat soft starter elektronik adalah alat soft start yang lebih canggih dan kompleks. Alat ini menggunakan mikrokontroler untuk mengatur laju naiknya tegangan dan arus saat motor atau peralatan listrik dinyalakan. Alat soft starter elektronik dapat dikonfigurasi sesuai dengan kebutuhan pengguna dan memungkinkan pengguna untuk mengatur parameter seperti waktu pengoperasian dan nilai arus.

Soft start sangat penting untuk menjaga agar tidak terjadi lonjakan arus listrik secara tiba – tiba yang dapat menyebabkan MCB jeglek dan akan membuat umur peralatan elektronik anda menjadi pendek.

Akhir Kata

Membuat rangkaian soft start sederhana sebaiknya dilakukan oleh orang yang mengerti elektronik dan listrik karena apabila salah dapat menimbulkan bahaya. Untuk lebih aman, anda bisa membeli Soft start sederhana yang banyak dijual di toko online dengan harga yang terjangkau.

 

 

Tinggalkan komentar