Fakta Seragam Baru TNI

Fakta – Fakta Seragam Baru TNI,Motif dan Loreng Punya Keistimewaan Tersendiri

Fakta – Fakta Seragam Baru TNI – Belum lama ini Seragam baru TNI Angkatan Darata (AD) telah diperkenaklan oleh Kepala Staf Angkatan Darat  (KSAD) Jendral TNI Dudung Abdurachman. Ada beberapa fakta menarik seputar seragam baru dari TNI AD ini yang perlu kamu tau.

Apa saja fakta menarik dari seragam TNI AD tersebut ? Resmi diperkenalkan pada Rabu,2 Maret 2022 pada rapat pimpinan TNI AD tahun 2022 di Markas besar TNI AD.

Mengenakan seragam baru,Jendral Dudung bersama dengan jajaranya yaitu yakni Wakil Kepala Staf TNI AD (Wakasad) Letjen TNI Agus Subiyanto, Inspektur Jenderal TNI AD (Irjenad) Letjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi dan Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Letjen TNI Afini Boer.

Menurut Jendral Dudung,motif dan corak pada seragam baru TNI AD adalah loreng NKRI yang dipilih langsung oleh panglima TNI Jendral Andika Perkasa.

“Ya, ini seragam baru, seragam baru sebetulnya dulu diciptakan oleh pak Andika Perkasa waktu (masih) KSAD ya,”

Ujar Jendral Dudung pada Rabu 2 Maret 2022 di Mabes TNI AD Jakarta Pusat dikutip dari suara.com

Jendral Dudung menjelaskan bahwa seragam baru TNI AD ini menggunakan motif khas dari Angkatan Darat dan berbeda dengan loreng TNI pada umumnya.

“Angkatan Darat tidak punya loreng yang khas, rupanya,”

Kata Jendral Dudung ketika menjelaskan alasan membuat seragam dengan motif loreng khas TNI Angkatan Darat.

TNI AD sebelumnya menggunakan Loreng Malvinas dimana keduanya memiliki perbedaan yang dapat dilihat pada warna, komposisi,dan juga bentuknya.

Jika Loreng Malvinas memiliki ciri khas tiga blok besar yaitu hijau tua atau hijau army,coklat tua dan berwarna krem gading. Sedangkan Loreng NKRI memiliki ciri khas blok warna lebih banyak pada gradasi antara coklat dan hijau dibandingkan dengan Loreng Malvinas.

Loreng NKRI pada seragam baru TNI AD ini memiliki blok warna dengan ukuran kecil yang terdiri dari  warna hijau army yang terlihat lebih terang,  hijau zaitun cerah, kemudian coklat tua dan krem yang lebih terang.

Keistimewaan Seragam Baru TNI AD

Rancangan Seragam TNI AD rancangan Jendral TNI Andika Perkasa ini telah melalui penyempurnaan agar terlihat lebih segar serta membawa aura dinamis,ujar Jendral Dudung.

“Semangat ini diharapkan mampu mendorong perkembangan organisasi TNI AD yang modern dan adaptif dengan perkembangan global,”

Kata jendral Dudung ketika diwawancarai.

Akhir Kata

Itulah fakta menarik dan keistimewaan seragam baru TNI AD yang belum lama ini diperkenalkan oleh Jendral Dudung pada Rapat Pimpinan TNI AD tahun 2022 di Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.