Pin Protek TV POLYTRON U slim series

Pin Protek TV POLYTRON U-slim series

Pin Protek TV POLYTRON U-slim series – TV CRT slim polytron model U slim memiliki model chasis yang berbeda. Mungkin perbedaan ini hanya terdapat di teknologi pada IC SMD dan IC biasa pada bagian LC jungle yang digunakan sehingga perbedaan secra fisik mengakibatkan kebingungan tersendiri ketika memperbaiki TV Polytron.

Kali ini kita akan membahas tentang Pin protek TV Polytron yang memakai IC HBT05 001G (SMD) atau yang masih menggunakan IC jungle model HBT 00 – 0X.

Sebenarnya ke 2 jenis IC ini memiliki sistem kerja yang sama pada sistem proteksinya. Yaitu memakai blok vertikal untuk mendeteksi kerusakan, jika diamati secara seksama ke 2 model yang menggunakan IC smd atau tanpa SMD memakai C 402 atau Elko ukuran 1 uf 50v sebagai penghubung pin proteksi dengan area vertikal secara langsung. Karena bila Elko 1 uf 50v ini berkurang atau kering kapasitasnya akan mengakibatkan TV protek, karena tegangan 5 volt ke pin protek terputus di Elko.

Ternyata pin protek juga akan bekerja ketika blok vertikal mengalami kerusakan pada gambar seperti gambar menciut atau bahakan gambar hanya 1 garis horisontal.

Kerusakan pada IC vertikal juga akan mengakibatkan potek. Hal ini disebabkan oleh protek detector yang mengambil tegangan dari kerja pum up vertikal sehingga bila terjadi kerusakan pada pump up akan mengalami protek.

Pin Protek TV POLYTRON U-slim series

Berikut ini merupakan Pin protek pada tv polytron yang telah saya rangkum dari beberapa sumber dengan IC jungle yang memakai IC tipe SMD atau tanpa SMD.

  • Pin protek IC SMD 80 kaki IC HBT 01 04G pin 67
  • Pin protek IC SMD 80 kaki Pin HBT05 001G pin 67
  • Pin protek IC tanpa SMD IC HBT – 00 – 0X – pin 62
  • Pin protek IC HB00 – 026 – pin 62

Semua tegangan protek di tangani dari vertikal lewat Elko 1uf 50v. Bila terjadi kerusakan pada blok vertikal TV akan mengalami protek kemungkin tegangan drop atau over. Karena hampir rata rata TV sim Polytron mensuplay tegangan IC vertikal dari flyback sehingga Pin protek diletakan di IC vertikal sangat masuk akal. Ketika terjadi masalah pada flyback maka spontan di IC vertikal akan mengirimkan masalah pada pin protek di IC HBT.

Akhir Kata

Sekian info yang kami bagikan jika bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini

Check Also

Aplikasi Jual Foto Online

Aplikasi Jual Foto Online

  Aplikasi Jual Foto Online – Tidak harus menjadi fotografer profesional dan memiliki kamera DSLR …