Servis TV LG Turbo swing Mati Total

Servis TV LG Turbo swing Mati Total

Servis TV LG Turbo swing Mati Total – Kali ini saya mendapatkan servis panggilan melalui Whatsapp untuk memperbaiki sebuah TV. Gejala yang ditulis di pesan kata user, TV awalnya normal tapi kemudian TV mati yang di ikuti bunyi ledakan dan bau komponen terbakar. Dan akhirnya TV LG turbo swing tersebut mati total dan sertai bunyi ngik ngik terus menerus.

Servis TV LG Turbo swing Mati Total

Prediksi awal saya TV LG ini terdapat komponen yang konslet sehingga power supply berbunyi ngik ngik terus menerus. Dulu saya pernah mengalami hal yang sama pada sebuah servis TV LG horizontal yang jebol terus. Gejala yang ditimbulkan sama persis yakni TV mati total dan berbunyi ngik ngik terus menerus.

Penanganan TV LG turbo swing

Setelah saya sampai, TV langsung saya buka. Pertama yang saya lalukan yakni membersihkan mainbord. Lalu melakukan pengamatan. Terlintas di pikiran saya untuk memeriksa transistor horizontal. Ternyata transistor masih dalam keadaan normal. Saya curigai capacitor resonan, tapi ternyata normal juga.

Awalnya saya tidak melihat komponen yang terbakar, yang ternyata saya tertipu oleh capasitor C417 yang telah hangus terbakar. C ini menghubungkan basis dan collector transistor horizontal. Setelah saya copot dari PCB, lalu saya periksa memakai ohm meter. Hasilnya capasitor ini short antar kaki tanpa adanya hambatan.

Sempat bingung, karena capasitor C417 pada TV LG ini sudah benar benar hangus dan hancur. Sehingga sulit menetukan berapa ukuran C417 ini.

Berpikir lama sambil solder ulang pada solderan yang retak retak. Saya menemukan sebuah tindakan untuk mengamati rangkaian pada area horizontal di casis TV China. Disitu saya menemukan antara basis dan collector tidak terdapat penghubung berupa capasitor. Karena itu saya memberanikan diri menyalakan TV meski tidak mengganti C417.

Dengan tidak yakin, saya menyalakan TV tangan sambal bersiap di striker untuk jaga jaga supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak di inginkan. Hasil ketika menyala saya sempat kaget karena suara flyback, tapi ternyata TV hidup normal. Tapi Yang jadi pertanyaan apakah tanpa C417 ini horizontal awet. Setelah beberapa waktu TV saya matikan dan meraba heatsing transistor horizontal yang ternya panas normal.

Berakhir sudah servis TV LG turbo swing ukuran 21 inc dengan gejala mati total tapi terdengar suara ngik ngik terus menerus. Yang ternyata hanya dengan mencopot C417 tanpa menggantinya TV dapat hidup dengan normal.

Kata Penutup

Itu saja dari solderpanas, sekian dan terimakasih.

Check Also

Inilah Penyebab TV Tidak Muncul Gambarnya Tetapi Ada Suaranya

Inilah Penyebab TV Tidak Muncul Gambarnya Tetapi Ada Suaranya

Kalian harus tahu penyebab TV tidak muncul gambar tetapi ada suaranya. Jika layar TV kalian …