Jelaskan faktor keberagaman bahasa, budaya, agama, dan suku

Jelaskan faktor keberagaman bahasa, budaya, agama, dan suku!

Jelaskan :

1. Letak geografis Indonesia

2. Negara kepulauan

3. Kondisi alam

Penjelasan :

Keberagaman adalah konsep yang menjelaskan bahwa dalam kehidupan masyarakat terdapat banyak sekali perbedaan dan juga latar belakang kehidupan yang beragam. Perbedaan ini menjadi salah satu identitas suatu bangsa, sepertihalnya negara Indonesia dikenal sebagai negara yang majemuk. Hal ini disebabkan banyak terdapat keberagaman seperti suku bangsa, agama, budaya, etnis, bahasa, dan sebagainya.

Keberagaman ini ada karena disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yakni:

1. Letak geografis Indonesia
Indonesia berada di antara dua bedua dan dua samudra sehingga menjadikan Indonesia berada pada letak yang strategis. Banyak para pedangan asing yang datang berdagang ke Indonesia dan sekaligus membawa kebudayaannya sendiri yang kemudian dikembangkan di Indonesia.

2. Negara kepulauan
Negara Indonesia dikenal dengan negara kepulauan, dimana setiap kepulauan memiliki kebudayaan masing-masing, mulai dari bahasa, adat istiadat, suku dan sebagainya. Inilah yang mendorong lahirnya keberagaman di Indonesia.

3. Kondisi alam
Kondisi alam yang berbeda seperti daerah pantai, pegunungan, dan sebagainya juga mengakibatkan perbedaan dalam masyarakat seperti, keberagaman bentuk rumah, mata pencaharian, makanan pokok, pakaian, kesenian serta kepercayaan.

Check Also

Sebutkan ada berapa yang mempengaruhi kenberagaman yang ada di negara kita, indonesia ?

Sebutkan ada berapa yang mempengaruhi kenberagaman yang ada di negara kita, indonesia ? Jawaban : …

Leave a Reply

Your email address will not be published.