Apa yang membuat hitler dan NAZI terkenal

Apa yang membuat hitler dan NAZI terkenal…

Jawaban :

ALasan Hitler dan NAZI terkenal karena pada masa Perang Dunia II, Jerman dipimpin oleh Adolf Hitler dengan Partai Nazinya melawan pihak Sekutu.

Penjelasan :

Kekalahan Jeman pada Perang Dunia l, dengan penyelesaian berupa Perjanjian Versailles, memberi dampak yang cukup besar bagi Jerman. Jerman berkeinginan untuk membalas dendam atas kekalahan bangsanya terhadap Prancis dan Inggris. Bagi Jerman, ketentuan yang harus dijalankan dalam perjanjian tersebut dianggap berat sebelah. Kekacauan politik di Jerman menyebabkan lahirnya 3 parta politik, salah satunya Partai Nasionalis, dipimpin oleh Adolf Hitler dan Jenderal Ludendorff.

Partai Nasionalis kemudian menjadi Partai Nasional Sosialis (Nazi) di bawah Hitler. Melalui Nazi, Hitler mencita-citakan keagungan bangsa Jerman sebagai ras yang unggul untuk memimpin dunia dibawah kepemimpinan Hitler. Pada tahun 1933, Hitler duduk sebagai perdana menteri dan pada tahun 1934 menjadi pemimpin Jerman (Fuhrer). Pada saat itulah Hitler menolak isi Perjanjian Versailles. Hal ini berkaitan dengan keinginan Hitler untuk mengembalikan kejayaan masa lalu, memperbaiki keadaan ekonomi yang rusak akibat perang, dan membangun suatu pemerintahan yang kuat dengan sistem terpimpin. Di bawah kepemimpinan Hitler, dalam waktu singkat Jerman berhasil pulih kembali. Pada 1 September 1939, Jerman menyerang kota Danzig, Polandia. Dengan adanya serangan dari Jerman tersebut, maka terjadi perang diantara Jerman dan Polandia. Pada tanggal 3 Septembernya, Prancis dan Inggris juga menyatakan perang pada Jerman, dan pecahlah Perang Dunia ke II.

Leave a Reply

Your email address will not be published.