Perkembangbiakan vegetatif berikut ini menghasilkan individu baru yang sama persis dengan induknya, kecuali?

Perkembangbiakan vegetatif berikut ini menghasilkan individu baru yang sama persis dengan induknya, kecuali?

a. tunas

b. setek

c. mencangkok

d. menyambung

Jawaban:

a. tunas

Pembahasan:

Perkembangbiakan vegetatif merupakan perkembangbiakan tanpa melalui perkawinan dengan cara menggunakan bagian tubuh induknya. Perkembangbiakan ini hanya melibatkan satu induk saja. Dalam perkembangbiakan vegetatif terdapat dua macam yaitu vegetatif alami (tidak menggunakan campur tangan manusia) dan vegetatif buatan (menggunakan campur tangan manusia).

Perkembangbiakan vegetatif buatan bisa dilakukan beberapa cara, seperti mencangkok, menempel (okulasi), menyambung, stek, dan merunduk.

1. Stek Stek dilakukan dengan cara tanaman yang distek dipotong di salah satu bagian.

2. Mencangkok Mencangkok adalah membuat cabang menjadi berakar (kulitnya dikupas sedikit dan dibebat dengan sabut yang dibubuhi tanah) untuk ditanam.

3. Okulasi Okulasi merupakan salah satu cara memperbanyak tumbuhan dengan cara menempelkan sepotong kulit pohon yang bermata tunas dari batang atas pada suatu irisan dari kulit pohon lain dari batang bawah sehingga bersatu menjadi tanaman yang baru.

4. Menyambung Menyambung adalah menggabungkan batang bawah dan batang atas dua tanaman yang sejenis. Tujuan cara menyambung adalah menggabungkan sifat-sifat unggul dari dua tanaman. Maka dihasilkan satu tanaman yang punya sifat-sifat unggul.

5. Merunduk Merunduk salah satu teknik memperbanyak tanaman dengan membengkokan cabang atau ranting ke dalam tanah dan ditimbun dengan tanah. Ujung tanaman tetap tersembul ke permukaan tanah. Batang yang digunakan harus berupa batang yang dewasa.

Sedangkan, tunas merupakan salah satu perkembangbiakan vegetatif alami yang menghasilkan individu tetapi belum tentu sama persis dengan induknya. Misalnya, pohon pisang. Saat pohon pisang sudah besar, biasanya di samping pohon tersebut akan muncul pohon pisang yang ukurannya lebih kecil. Pohon pisang kecil itulah yang disebut dengan tunas. Tunas pisang tersebut sudah bisa mencukupi kebutuhan hidupnya, artinya saat tunas muncul sudah tidak bergantung lagi dengan induknya. Jadi ketika induk tunas mati atau sengaja ditebang, tunas tersebut tidak akan ikut mati. Hal serupa juga terjadi di tanaman bambu dan tebu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.