Apa saja nama nama perubahan wujud benda?

Apa saja nama nama perubahan wujud benda?

Jawaban:

Perubahan wujud merupakan perubahan pada suatu benda menjadi berbeda wujud dari ukuran,warna, dan aroma. Perubahan wujud benda terbagi menjadi 6 yaitu:

1. Membeku: Perubahan wujud zat yang melepaskan kalor, dan perubahan wujud dari cair menjadi padat contoh: es dimasukkan ke dalam plastik, kemudian dimasukkan ke dalam kulkas akan menjadi es batu.

2. Mencair : Perubahan wujud zat yang menerima kalor, dan perubahan wujud dari padat menjadi cair Contoh: Es batu di letakkan ke suhu terbuka atau di bawah sinar matahari , maka akan mencair.

3. Menguap : Perubahan wujud zat yang menerima kalor, dan perubahan wujud dari cair menjadi gas, Contoh: baju basah yang dijemur lama kelamaan mengering, Air dalam baju menguap terkena sinar matahari

4. Mengembun: Perubahan wujud zat yang melepaskan kalor, dan perubahan wujud dari gas menjadi cair, Contoh : tumbuhan seperti bunga dan rumput di pagi hari.

5. Menyublim: Perubahan wujud zat yang menerima kalor, dan perubahan wujud dari padat menjadi gas, Contoh: kapur barus yang lama-kelamaan mengecil dan habis.

6. Mengkristal :Perubahan wujud zat yang melepaskan kalor, dan perubahan wujud dari gas menjadi padat. Contoh: pembuatan garam dengan cara menguapkan air laut yang mengandung garam. Sampai zat cair habis dan tinggal butiran garamnnya menjadi kristal

Tinggalkan komentar