Sebuah pesawat terbang berangkat dari BandaraMarinda Raja Ampat pukul 08.00 WIT menujuBandara Muara Bungo Jambi dengan lamaperjalanan 8 jam, maka pesawat akan tiba diBandara Muara Bungo pukul

Sebuah pesawat terbang berangkat dari BandaraMarinda Raja Ampat pukul 08.00 WIT menujuBandara Muara Bungo Jambi dengan lamaperjalanan 8 jam, maka pesawat akan tiba diBandara Muara Bungo pukul ….

A. 14.00 WIB

B. 15.00 WIB

C. 17.00 WIB

D. 18.00 WIB

Jawaban :

A. 14 : 00 WIB

Penjelasan :

Indonesia memiliki tiga zona waktu yang berbeda, yaitu :
1. Waktu Indonesia Barat (WIB) : Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.
2. Waktu Indonesia Tengah (WITA) : Bali, NTB, NTT, Pulau Sulawesi, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.
3. Waktu Indonesia Timur (WIT) : Maluku, Maluku Utara, dan Papua.
Pesawat berangkat dari Bandara Marinda Raja Ampat yang berada di Papua Barat pada pukul 08.00 WIT perjalanan membutuhkan waktu 8 jam, sehingga jika masih berada di wilayah zona WIT maka seharusnya pesawat tersebut mendarat pada pukul 16.00 WIT. Namun, tujuan perjalanan adalah ke Bandara Muaro Bungo Jambi yang merupakan wilayah dengan zona WIB. Dimana wilayah zona WIB lebih cepat 2 jam dibandingkan dengan zona WIT. Sehingga, jika dikurangi dua jam maka pesawat tersebut akan sampai di Bandara Muaro Bungo Jambi pada pukul 14.00 WIB.

Jadi, pilihan jawaban yang benar pada soal ini adalah A. 14.00 WIB

Check Also

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu… Jawaban : Berdasarkan bentuk secara geografis, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.