Tanda -Tanda Whatsapp Disadap dan Cara Mengatasinya

Tanda -Tanda Whatsapp Disadap dan Cara Mengatasinya

Tanda -Tanda Whatsapp Disadap dan Cara Mengatasinya – Saat ini WhatsApp adalah aplikasi chatting dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia, pengguna dari WhatsApp berasal dari berbagai kalangan mulai dari pekerja belajar mahasiswa-mahasiswi orang tua anak-anak dan lain sebagainya. 

Namun, dengan banyaknya pengguna yang menggunakan WhatsApp membuat menjadi sasaran bagi penjahat cyber untuk melakukan kejahatan dengan cara melakukan penyadapan hingga membajak akun Whatsapp sehingga tidak dapat diakses lagi.

Metode atau cara yang digunakan oleh para penjahat cyber ini pun bermacam, mulai dari menanamkan program aplikasi pihak ketiga atau yang biasa disebut dengan malware, hingga dengan penggunaan teknologi tercanggih saat ini ini yang diberi nama Spyware Pegasus yang dimiliki oleh perusahaan Israel NSO Group yang digunakan untuk melakukan tindakan memata-matai kepada para pemimpin dunia melalui perangkat yang mereka gunakan.

Tanda -Tanda Whatsapp Disadap

Belum lama ini Mabes Polri pernah membagikan ciri-ciri akun Whatsapp yang telah dibajak ataupun disadap yang mereka bagikan melalui media sosial.

Berikut adalah ciri-ciri WhatsApp yang yang telah ataupun akan dibajak menurut dari tim cyber Mabes Polri :

  1. One Time password atau OTP adalah kode dari WhatsApp yang terdiri dari 6 digit nomor yang dikirimkan kepada pengguna. Jika tiba-tiba WhatsApp mengirimkan kode OTP kepada ada nomor kamu, padahal kamu tidak merasa meminta kode OTP tersebut maka patut dicurigai jika akun Whatsapp kamu akan dibajak.
  2. Akun Whatsapp kamu tiba-tiba log out dan keluar dengan sendirinya. Jika kamu mengalami hal tersebut ada kemungkinan seseorang sedang menggunakan akun Whatsapp kamu di perangkat lain.
  3. Pesan yang masuk ke dalam WhatsApp telah terbaca dengan sendirinya padahal kamu belum membuka pesan tersebut, kemungkinan besar akun Whatsapp kamu telah dibaca atau disadap.
  4. Mengirim pesan dengan sendirinya tanpa sepengetahuan darimu. Jika kamu merasa tidak pernah mengirimkan kan pesan Whatsapp kepada salah satu orang di kontak whatsapp-mu, maka kamu wajib Waspada karena kemungkinan besar akun Whatsapp kamu telah dibaca dan disadap.

Tim Saber dari POLRI juga membagikan tips agar akun Whatsapp kita terhindar dari peretasan akun Whatsapp yaitu dengan mengaktifkan fitur keamanan dari WhatsApp yaitu itu two step verification.

Dengan mengaktifkan fitur two step verification maka akan lebih menyulitkan para peretas dalam melancarkan aksinya.

Dengan menggunakan fitur ini peretas akan kesulitan dalam mengakses akun Whatsapp, karena akan ada 1 step lagi yang harus dilewati.

Cara Mengatasi Akun Whatsapp yang Disadap

Berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan two step verification pada WhatsApp :

  1. Buka WhatsApp kemudian pilih titik tiga yang berada pada kanan atas
  2. Kemudian pilih setting
  3. Lalu pilih menu account
  4. Pilih two step verification
  5. Kemudian kamu akan diminta untuk mengaktifkan PIN, klik enable untuk mengaktifkannya
  6. Buat pin dengan 6 digit angka yang udah kamu ingat
  7. Kemudian kamu akan diminta untuk memasukkan alamat email yang aktif, yang nantinya email ini akan diintegrasikan Jika kalian ingin mengganti pin.
  8. Selesai dan fitur two verification sekarang telah aktif di WhatsApp kamu.

Itulah beberapa tanda-tanda WhatsApp disadap dan cara mengatasinya. Semoga apa yang solderpanas.com sampaikan dapat bermanfaat.

Baca Juga :  Cara Mengirim Foto Resolusi Tinggi di WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *