Apa yang akan terjadi jika Indonesia tidak ikut bekerja sama dengan ASEAN?

Apa yang akan terjadi jika Indonesia tidak ikut bekerja sama dengan ASEAN?

Jawaban :

Yang akan terjadi jika Indonesia tidak ikut bekerja sama dengan ASEAN adalah lambatnya pertumbuhan ekonomi negara karena perdagangan internasional harus dijalin dengan negara asing, kesulitan memenuhi kebutuhan rakyat karena Indonesia tidak dapat memproduksi semua komoditas dan memerlukan negara lain untuk saling melengkapi, hingga tingginya potensi ancaman dan kejahatan lintas negara karena Indonesia tidak memiliki hubungan baik dengan negara-negara terdekatnya.

Penjelasan :

Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan organisasi regional yang terbentuk di kawasan Asia Tenggara. Organisasi ASEAN menjalin kerja sama dalam berbagai bidang seperti politik, ekonomi, pendidikan, sosial, dan budaya. Tujuan dasar didirikannya organisasi ASEAN adalah untuk membentuk kawasan Asia Tenggara yang damai, aman, stabil, dan sejahtera.

Jadi, yang akan terjadi jika Indonesia tidak ikut bekerja sama dengan ASEAN adalah lambatnya pertumbuhan ekonomi negara karena perdagangan internasional harus dijalin dengan negara asing, kesulitan memenuhi kebutuhan rakyat karena Indonesia tidak dapat memproduksi semua komoditas dan memerlukan negara lain untuk saling melengkapi, hingga tingginya potensi ancaman dan kejahatan lintas negara karena Indonesia tidak memiliki hubungan baik dengan negara-negara terdekatnya.

Check Also

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu… Jawaban : Berdasarkan bentuk secara geografis, …