Bentang alam gunung dan pengunungan yang ada di kawasan asia adalah suatu rangkain jalur gunung berapi kondisi tersebut mengakibatkan

Bentang alam gunung dan pengunungan yang ada di kawasan asia adalah suatu rangkain jalur gunung berapi kondisi tersebut mengakibatkan…

Jawaban :

Kawasan Asia yang berada pada rangkaian jalur gunung berapi mengakibatkan negara-negara di Asia Tenggara rawan terjadi bencana vulkanisme.

Penjelasan :

Benua Asia merupakan benua terbesar di dunia. Benua Asia terletak pada 11° LS – 80° LU dan 26° – 170° BT. Secara geologis, benua Asia dikelilingi oleh rangkaian sirkum pasifik dan sirkum mediterania. Sirkum pasifik adalah jalur pegunungan yang membentang dari Pegunungan Andes di Amerika Serikat menuju Pegunungan Rocky di Amerika Utara dan Jepang. Negara-negara di kawasan Asia yang dilalui sirkum pasifik adalah Indonesia, Filipina, Jepang, Taiwan.

Sementara sirkum mediterania adalah jalur pegunungan yang membentang dari Benua Eropa (Pegunungan Alpen) menuju ke negara Italia di Gunung Etna. Negara-negara di kawasan Asia yang dilewati sirkum mediterania adalah negara Iran, India, Pakistan, Tibet, Myanmar, Thailand, dan Indonesia. Kedua sirkum tersebut merupakan rangkaian jalur gunung berapi aktif dan mengakibatkan negara-negara yang dilaluinya rawan akan bencana vulkanisme.

Dari penjelasan tersebut, maka kawasan Asia yang berada pada rangkaian jalur gunung berapi mengakibatkan negara-negara di Asia Tenggara rawan terjadi bencana vulkanisme.

Tinggalkan komentar