Pohon Sakura yang terdapat di Jepang berbunga pada bulan Maret – Mei. Kondisi tersebut menunjukkan Jepang memiliki jenis iklim

Pohon Sakura yang terdapat di Jepang berbunga pada bulan Maret – Mei. Kondisi tersebut menunjukkan Jepang memiliki jenis iklim…

Jawaban :

Pohon sakura di Jepang yang berbunga pada bulan Maret-Mei menunjukkan bahwa Jepang memiliki iklim subtropis hingga sedang.

Penjelasan :

Jepang secara astronomis terletak pada 24º-45ºLU dan 122º-153ºBT. Hal ini menyebabkan Jepang beriklim subtropis hingga sedang. Jepang memiliki empat musim, yaitu musim semi, panas, gugur, dan dingin. Musim semi dimulai sekitar bulan Maret. Musim panas di Jepang dimulai sekitar bulan Juni. Suhu pada musim panas bisa mencapai 35°C. Musim gugur di Jepang ditandai dengan mulai gugur atau rontoknya daun-daun di pohon. Peristiwa tersebut berawal sekitar bulan September. Musim dingin ditandai dengan turunnya butiran salju yang terjadi sekitar bulan Desember. Pada musim dingin, suhu udara sangat rendah.

Maka bisa disimpulkan bahwa, pohon sakura di Jepang yang berbunga pada bulan Maret-Mei menunjukkan bahwa Jepang memiliki iklim subtropis hingga sedang.

Tinggalkan komentar