Fungsi Elco

Fungsi Elco Pada Speaker dan Rangkaian Elektronik Lainya

Fungsi Elco – Kapasitor pada umumnya memiliki fungsi si untuk menyimpan muatan arus listrik. kapasitor disebut sebagai komponen pasif dalam rangkaian elektronika dikarenakan kapasitor tetap dapat bekerja tanpa adanya arus listrik. jenis kapasitor juga masih dibagi menjadi dua, yaitu kapasitor non polar dan kapasitor bipolar.

Pengertian Elco atau Kapasitor Elektrolit

Secara sederhana Pengertian Elco atau kapasitor elektrolit atau banyak juga yang menyebut kondensator. Elco atau Kapasitor elektrolit ini adalah suatu komponen dengan dua kaki yaitu kaki dengan simbol negatif dan kaki bersimbol positif.

Namun disini saya akan memberi pemahaman simpel bagi sahabat Solder Panas yang baru terjun di dunia elektronik ini “Elco (Electrolic condensator) adalah komponen yang mempunyai 2 buah kutub ,Yaitu kutub Positif berkaki panjang (+) dan kutub negatif/berkaki pendek(-) ,Elco mampu menyimpan tegangan listrik DC (direct current) yang di searahkan dari sebuah Dioda ,Penyimpanan arus pun disesuaikan dari kapasitas dari elco tersebut”.Berikut tabel konversinya.
 1 Farad = 1.000.000µF (mikro Farad)
 1µF = 1.000nF (nano Farad)
 1µF = 1.000.000pF (piko Farad)
 1nF = 1.000pF (piko Farad)
Sehingga dalam pembahaan ini kalian gak perlu ambil pusing untuk memilih kapasitor yang di inginkan jika kalian sudah hapal dengan tabel konversinya,selain ukuran dari faradnya kalian juga harus mempertimbangkan Kapasitas/kegunaan dari Volt yang di gunakan ,Berikut ini tabel Volt untuk masing-masing elco.
 400 Volt
 350 Volt
 220 Volt
 150 Volt
 100 Volt
 75 Volt
 45 volt
Kalian bisa mengkombinasikan tabel konversi dengan volt yang ada di atas jika ingin  membeli Elco di toko elektronik, jangan sampai salah ukuran volt yang ingin digunakan,jika terjadi kesalahan volt/kekecilan ukuran maksimum tegangannya bisa jadi elco tersebut akan Over  Voltage (arus berlebihan) Sehingga akan merusak jenis Elco tersebut.
Tapi jangan khawatir kalian bisa kok cek kapasitras Elco menggunakan alat bantu yaitu ESR yang akurat sekali dalam pengukurannya, terkadang banyak juga di luaran sana yang menjual Elco KW (Palsu) sangat merugikan sekali jika kita sudah terlanjur membeli Elco yang ecek-ecek bisa jadi dari elco itulah yang akan menambah kerusakan dalam rangkaian elektronik itu sendiri.
Catatan: Ukur terlebih dahulu Output dari bagian elco yang ingin diganti jika sudah terukur belilah ukuran diatasnya untuk jaga-jaga dari lonjakan tegangan.

Perbedaan elco dan Kapasitor

Elco dan kapasitor adalah dua komponen yang berbeda dan elco adalah bagian dari kapasitor. Perbedaan elco adalah memiliki kaki polaritas positif dan negatif, dan sedangakan pada kapasitor tidak memiliki polaritas.

Baca Juga :  Fungsi Kapasitor dan Jenis Kapasitor di Rangkaian Elektronika

Kapasitor sendiri memiliki dua jenis yaitu kapasitor tetap dan tidak tepat, elco sendiri masuk kedalam jenis kapasitor tetap.

Perbedaan paling jelas adalah biasanaya produsen dari elco akan memberikan garis putih di kaki negatif pada gambar body elco.

Fungsi Elco Dalam Rangkaian Elektronik

Kegunaan Elco sangatlah vital ,pasalnya komponen ini sangat penting bagi penyupplay tegangan DC yang diperhalus/Filter untuk menSupplay ke rangkaian-rangkaian yang membutuhkannya sehingga tidak menyebapkan komponen rusak begitu saja.Komponen yang satu ini juga berfungsi sebagai Penyimpan arus DC (Direct Current) sementara.

Biasanya setiap rangkaian atau blok pada power supply yang sering ditemukan terdapat elco yang memiliki ukuran dan fisik lebih besar dari elco pada rangkaian driver atau osilatornya.

Fungsi Elco pada Power Supply

Fungsi elco pada power supply adalah untuk mendistribusikan arus dan tegangan dan juga menstabilkan arus yang kemudian dialirkan di dalam rangkaian. Biasanya digunakan pada rangkaian – rangkaian yang memerlukan tegangan yang stabil dan arus yang berbeda, misalnya pada rangkaian micro controller dan rangkaian stabilizer.

Fungsi Elco pada Speaker

Fungsi utama dari elco pada speaker adalah untuk membuat speaker menjadi lebih tahan lama dan tidak mudah rusak. Secara rinci fungsi dari elco pada speaker adalah untuk memfilter suara dan memotong frekuensi rendah atau bass agar tidak masuk kedalam tweeter. Tweeter akan menjadi mudah rusak jika frekuensi rendah atau nada bass masuk ke dalam tweeter.

Suara dari speaker akan lebih jernih dan berkualitas dengan menggunakan elco. Suara Bass akan terdengar dengan sangat baik jika menggunakan elco.

Fungsi elco pada amplifier

Sama dengan perangkat elektronik lainya, fungsi elco pada amplifier juga berguna untuk menstabilkan arus dan tegangan DC pada bagian power supply. Makin tinggi kapasitas elco maka akan lebih stabil dan ketika terkena hentakan Bass tegangan tidak turun, sehingga suara yang dikeluarkan amplifier menjadi lebih bulet atau utuh.

Baca Juga :  Pengertian Komponen Aktif dan Komponen Pasif

Fungsi Elco Pada Aki Motor

Bisa jadi beberapa dari kamu pula mempraktikkan elco dipakai selaku capasitor bank di dalam sepeda motor. banyak yang berkata kalau memakai capasitor bank ataupun elco pada sepeda motor dapat membuat aki tidak kilat cacat ataupun drop. Mungkin elco dapat menolong menaruh tekanan pada dikala motor di mengaktifkan. Serta pula elco dapat memantapkan arus pada keluaran aki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *