Tuliskan pembagian jenis jenis flora yang ada di Indonesia dan jabarkan ciri cirinya

Tuliskan pembagian jenis jenis flora yang ada di Indonesia dan jabarkan ciri cirinya…

Jawaban :

Pembagian zona fauna di Indonesia dibagi menjadi tiga yaitu fauna tipe asiatis, peralihan, dan australiatis.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keragaman flora dan fauna. Pembagian zona fauna di Indonesia dapat dibagi menjadi tiga daerah yaitu fuana tipe asiatis, peralihan dan australiatis.
a. Zona asiatis wilayah persebarannya yaitu Indonesia Bagian Barat yang mencakup Pulau Sumatera, Jawa, Bali, dan Kalimantan. Jenis hewannya adalah hewan asiatis. Contohnya, orang utan, kerbau, dan tapir. Ciri dari fuana ini adalah mamalia berukuran besar, dan burung berkicau, serta banyak ditemui jenis ikan air tawar
b. Zona peralihan wilayah persebaran Indonesia Bagian Tengah yang mencakup Sulawesi, Nusa Tenggara, Timor, dan Kepulauan Maluku. Jenis hewannya adalah hewan peralihan. Contohnya, anoa, babi rusa, kuskus, monyet hitam, beruang, dan tarsius. Ciri dari fauna ini adalah mamalia yang berbeda dengan zona asiatis, dan australiatis.
c. Zona australiatis wilayah persebaran Indonesia Bagian Timur yang mencakup Pulau Papua dan sekitarnya. Jenis hewannya adalah hewan australis. Contohnya, kanguru, walabi, beruang nokdiak (landak papua), dan posum layang (pemanjat berkantung). Ciri dari fauna tipe australiatis adalah hewan berkantung, dan burung dengan warna yang indah.

Tinggalkan komentar