Penyebab AC Sering Mati dan Hidup Sendiri

Penyebab AC Sering Mati dan Hidup Sendiri(Semua Merk AC)

Penyebab AC Sering Mati dan Hidup Sendiri – Peralatan elektronik pasti tak pernah luput dari kerusakan,termasuk pada AC. Ketika cuaca sedang sangat panas tetapi AC di tumah malah mengalami kerusakan, tentu akan sangat merupotkan dan juga menyebalkan.

Kerusakan yang paling umum dan sering terjadi adalah AC yang mati dan hidup sendiri. Banyak faktor yang bisa menjadi Penyebab AC mati sendiri, baik dari hal teknis yang simpel hingga kerusakan yang lebih berat seperti kerusakan pada komponen AC.

Nah untuk itu,berikut ini solderpanas.com akan coba membahas faktor-faktur yang menyebabkan AC sering mati sendiri dan hidup dengan sendirinya.

Penyebab AC Mati Sendiri

Timer Menyala atau Aktif

Kita mulai dari penyebab yang paling sederhana,yaitu terkadang timer pada ac terkadang menyala dengan tidak sengaja. Hal inilah yang menjadi penyebab ac mati dan hidup dengan sendirinya.

Sudah banyak terjadi pengguna AC yang lupa atau tidak sengaja memencet tombol timer pada AC. Namun terkadang banyak pengguna yang gegabah dan langsung menghubungi tukang service ac, padahal permasalahnya sangat sederhana.

Untuk mengatasinya tentu saja sangat mudah, pengguna hanya perlu mematikan menu Timer di Remote AC.

Sebagai alternatif apabila mungkin remote hilang atau lupa menaruh dimana,kamu bisa mencabut listrik pada AC dan tunggu hingga 3-5 menit kemudian pasang kembali colokan listrik pada AC. Atau bisa juga dengan melebas batterai pada remote AC,kemudian masukan kembali dan cek kembali apakah timer masih hidup atau sudah mati.

Baca Juga :  Pengertian Dan Komponen Komputer Beserta Fungsinya

Gangguan dan Kerusakan pada Thermistor AC

Thermistor di dalam ac adalah komponen yang berfungsi untuk melakukan pengaturan suhu pada AC. Jika terjadi keruskan pada Thermistor maka tentu saja akan menimbulkan permasalahan pada AC. Selain itu kerusakan pada Thermistor dapat menyebabkan fungsi dari kompresor AC menjadi tidak normal.

Untuk mengatasi hal ini,Thermistor AC  pengguna perlu menjauhkan dari komponen evaporator AC. Namun hal ini hanya bersifat sementara,jika terjadi kerusakan atau gangguan kembali maka perlu melakukan penggantian komponen Thermistor AC.

Tekanan Pada Freon Berkurang

Ac mati dan hidup sendiri bisa disebabkan oleh tekanan pada freon AC yang kurang. Hal ini bisa terjadi karena ada kebocoran halus di bagian evaporator,pipa instalasi, ataupun kondensor.

Nepel yang kendor karena getaran mesin juga biasanya menjadi penyebab permasalahan pada freon, atau bisa disebabkan karena sambungan pipa yang tidak baik.

Periksa dan cek tekanan freon ac,untuk mengatasi permasalahn tersebut. Jika tekanan berkurang maka tambah freon. Namun jika dicek ternyata tidak ada tekanan freon sama sekali,maka besar kemungkinan terjadi kebocoran.

Untuk mengatasinya,cari bagian yang bocor dan kemudian tambal atau ganti dengan komponen yang baru.

Tombol Power AC Tertekan

Penyebab Ac Sering mati dan hidup sendiri ini juga sering terjadi pada pengguna yang sering melakukan maintenance ac sendiri. Biasanya banyak yang tidak menyadari bahwa penyebab ac mati sendiri sangat sederhana, serperti tombol Power AC tertekan.

Masalah ini timbul biasanya kareana faktor ketidaksengajaan,ketika membuka penutup AC terkadang pengguna tidak menutup kembali dengan benar. Hal ini bisa menyebabkan komponen power ac dapat terjepin oleh penutup AC, dan inilah yang menjadi penyebab AC mati sendiri.

Baca Juga :  AC Panasonic Mati Sendiri dan Lampu Timer Berkedip

Ketika tombol power AC terjepit penutup AC,untuk mengatasinya tentu saja pengguna harus membuka kembali dan memastikan menutup cover AC dengan benar dan tidak menjepit tombol power. Selain itu juga harus mengecek pada tombol power,sensor dan kabel-kabel.

Jika terjadi kerusakan pada tombol atau sensor maka tentu saja penangananya akan berbeda,dan mungkin harus dilakukan penggantian komponen.

PCB Modul Bermasalah

Konrleting listrik bisa menyebabkan kerusakan modul yang ada pada AC. Korsleting listrik dapat terjadi karena sambaran petir saat hujan deras atau karena ketidakstabilan aliran listrik.

Perlukan dilakukan pengecekan lebih lanjut jika permasalahan Ac sering mati dan hidup dengan sendrinya terjadi dikarenakan kerusakan pada modul.

AC kadang mengalami kerusakan yang menyebabkan AC hidup dan mati dengan sendirinya. Penyebabnya yaitu masalah pada PBC modul, timer AC yang aktif, gangguan pada power AC, dan lain sebagainya.

Demikian pembahasan solderpanas mengenai Penyebab AC mati dan Hidup sendiri,semoga bermanfaat dan membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *