Adaptasi eceng gondok agar tidak terbalik terkena arus adalah?

Adaptasi eceng gondok agar tidak terbalik terkena arus adalah?

Jawaban:

Adaptasi eceng gondok supaya tidak terbalik adalah memiliki akar yang lebat.

Eceng gondok yang hidup di lingkungan perairan menyesuaikan diri dengan cara memiliki pangkal tangkai daun yang menggembung untuk mengapung di air. Eceng gondok merupakan salah satu tanaman yang hidup di lingkungan yang berair, sehingga harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Tanaman ini akan memodifikasi organ-organnya sedemikian rupa sehingga dapat dengan mudah menyesuaikan dengan perubahan lingkungannya. Beberapa organ eceng gondok yang mengalami modifikasi antara lain:

(1) Akar
Akar pada eceng gondok merupakan akar jenis serabut. Akar eceng gondok berfungsi untuk menjaga keseimbangan eceng gondok agar tidak terbalik pada saat mengapung di air. Pada bagian akar eceng gondok ditumbuhi dengan bulu-bulu akar yang berserabut yang berfungsi sebagai pegangan atau jangkar tanaman.

(2) Batang
Batang eceng gondok menjalar di permukaan air berbentuk stolon. Salah satu fungsinya yaitu sebagai alat perkembangbiakan vegetatif.

(3) Tangkai
Tangkai eceng gondok berbentuk bulat menggelembung yang di dalamnya penuh dengan udara yang berperan untuk mengapungkan tanaman di permukaan air.

(4) Daun
Daun eceng gondok, khususnya bagian helaian daunnya berbentuk bulat, lebar, dan tebal. Daun yang seperti ini berfungsi untuk mempercepat penguapan. Selain itu daun juga berfungsi untuk bernapas.

Tinggalkan komentar