Bahaya flyback TV CRT Penting Bagi Pemula

Bahaya flyback TV CRT Penting Bagi Pemula – Beberapa hari yang lalu sempat ada orang yang berbagi kepada saya, tentang pengalaman tersengat tegangan flyback TV. Tapi untungnya masih selamat sehingga tidak terjadi sesuatu hal yang berbahaya.

Bahaya flyback TV CRT Penting Bagi Pemula

Hal hal yang perlu diperhatikan

Sebagai seseorang yang awam tentang kerja TV CRT tentu semua tabu antara yang terlihat dan pengetahuan sebenarnya. Dia melihat sebuah cop flyback mengeluarkan percikan listrik pada area Seputar flyback. Dikira kebocorannya seperti air dan di senyentuh cop tersebut dengan keadaan menyala untuk menutupi kebocoran listrik. Akibatnya orang tersebut terpental karena terkejut.

Untung yang disentuh itu merupakan TV hitam putih. Jika yang disentuh adalah TV dengan jenis CRT warna keadaan dapat berbeda.

Teori yang pernah saya pelajari pada saat di sekolah dulu, bahwa flyback TV CRT hitam putih hanya menghasilkan step up hingga 10.000 kilo volt sedangkan CRT warna kurang lebih 20.000kv.

Ini penting untuk diketahui bagi pemula dari hasil berbagi orang tersebut yang pernah mengalami kejadian yang tidak mau kita inginkan.

Semua membutuhkan pembelajaran teori dasar untuk pegangan memperbaiki segala hal. Tidak terkecuali dalam servis TV tabung.

Jika asal asalan kerusakan pada sebuah TV malah bertambah parah.

HATI-HATI

Jangan nyentuh cop flyback ketika TV dalam keadaan menyala.

Hindari menyentuh langsung semua besi pengunci cop flyback saat mau mencopot cop. Untuk terhindat dari muatan yang masih tersimpan di dalam tabung CRT.

Untuk menghindari listrik yang masih tersimpan pada CRT flyback dapat dengan mengshortkan dulu dengan cara menghubungkan kabel ground dan besi pengunci cop flyback. Pastikan bahwa TV tidak terhubung dengan listrik atau netral.

Untuk mengetahui masih tidaknya menyimpan tegangan atau tidak, bisa dites memakai tespen.

Sesuatu hal bisa dipelajari dengan cara otodidak tapi juga harus belajar dari orang lain yang sudah mempunyai pengalaman untuk menghindari sebuah kesalahan yang fatal terutama pada bidang kelistrikan dan elektronika. Kita perlu menerima teori meski kadang teori tak sesuai dengan kenyataan kemungkinan suatu saat dapat berguna.

Kata Penutup

Demikian tentang Bahaya flyback TV CRT Penting Bagi Pemula, sekian dan terimakasih.

Tinggalkan komentar