Memperbaiki Receiver Matrix Tidak Ada Sinyal

Memperbaiki Receiver Matrix Tidak Ada Sinyal – Kali ini saya mendapat servisan parabola. Keluhan dari pengguna, bahwa Receiver parabola tidak bisa menerima sinyal. Tidak lama langsung saya meluncur ke TKP.

Sesampainya, saya langsung memeriksa kondisi receiver. Periksa menu info intensitas signalnya 0 persen dan kualitas juga signal 0.  Kemudian coba periksa konektor parabola. Ternyata konektornya basah kuyub.

Entah dari mana munculnya air setelah di lihat lebih lanjut air ternyata berasal dari dalam kabel. Kabel tersebut basah karena kebocoran pada konektor atas yang dari LNB, air merembes melewati dalam kabel hingga sampai ke receiver.

Untuk mengeluarkan air dari dalam kabel, kita dapat membuat beberapa lubang pada kulit kabel supaya air dapat merembes keluar.

Memperbaiki Receiver Matrix Tidak Ada Sinyal

Cara Memperbaiki Receiver Matrix

Receiver merek Matrix Inspiro dengan box besar masih menggunakan format MPEG 2.  Kemudian receiver saya buka dengan harapan tidak terjadi masalah yang serius.

Ternyata setelah saya buka terlihat pada area MPEG, konektor terlihat sudah berkarat parah. Lalu langsung saya bersihkan. Jalur yang ke RX IC ternyata sudah putus karena korosi dari karat efek dari konektor basah.

Setelah saya sambung, lalu coba saya hubungkan dengan parabola. Hasilnya Bagus tapi siaran horizontal tidak ada sinyal.

Saya mengingat waktu itu pernah mengalami hal yang sama. Salah satu solusi terakhir dan terlihat coba coba tapi berhasil yakni memanaskan IC RC dekat dengan konektor yang berkaratan tadi.

Akhirnya Receiver normal kembali setelah melakukan pemanasan pada IC. Memanaskan IC masih efektif, padahal waktu itu hanya coba coba saja.

Berahir sudah permasalahan receiver parabola yang tidak ada signal tersebut. Yang ternyata permasalahan ada di receiver yang rusak akibat karena kabel yang basah.

Perlu rekan ingat bila rekan memiliki sebuah receiver parabola perlu di periksa secara berkala. Supaya ketika musim hujan untuk memonitor, apakah kabel yang rekan punya di resapi air hujan atau tidak. Bila terjadi peresapan air pada dalam kabel wajib rekan mencari kebocorannya jika mau perangkat yang rekan punya selamat.

Kata Penutup

Demikian tentang Memperbaiki Receiver Matrix Tidak Ada Sinyal,sekian dan terimakasih.

Tinggalkan komentar