Jelaskan tentang gerhana matahari dan gerhana bulan !

Jelaskan tentang gerhana matahari dan gerhana bulan !

Jawaban :

Gerhana matahari terjadi saat posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari. Sedangkan, gerhana bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi.

Penjelasan :

Gerhana matahari terjadi saat posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari. Gerhana matahari hanya dapat terjadi pada fase bulan baru, ketika bulan melintas langsung di antara matahari dan bumi serta bayangannya jatuh ke permukaan bumi.

Gerhana bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Gerhana bulan terjadi jika bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama sehingga sinar matahari tidak dapat mencapai bulan sebab terhalang oleh bumi.

Jadi, gerhana matahari terjadi saat posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari. Sedangkan, gerhana bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi.

Tinggalkan komentar