Indonesia sering terjadi bencana alam, gunung meletus dan gempa bumi adalah pengeruh dari letak

Indonesia sering terjadi bencana alam, gunung meletus dan gempa bumi adalah pengeruh dari letak…

Jawaban :

Jadi yang menjadi pengaruh dari Indonesia sering terjadi bencana alam, gunung meletus dan gempa bumi karena letak geografis Indonesia yang memiliki letak geografis yang diapit oleh beberapa lempeng tektonik, yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, Lempeng Pasifik, dan jalur pegunungan sirkum mediterania dan sirkum pasifik. Hal tersebut membuat Indonesia masuk ke daerah rawan bencana gunung meletus.

Penjelasan :

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki letak geografis yang diapit oleh beberapa lempeng tektonik, yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, Lempeng Pasifik, dan jalur pegunungan sirkum mediterania dan sirkum pasifik. Selain itu juga Indonesia termasuk kedalam cincin api pasifik, yang tidak lain gugusan gunung berapi dunia.

Pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kondisi alamnya, yaitu memiliki banyak gunung aktif, banyaknya gunung yang disebabkan karena wilayah Indonesia dilalui oleh rangkaian Sirkum pegunungan Mediterania. Sirkum Mediterania terdiri dari rangkaian pegunungan api yang masih muda, sehingga lebih berpotensi untuk aktif.

Seluruh gunung api tersebut berada di jalur tektonik yang memanjang mulai dari Pulau Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, Kepulauan Banda, Halmahera, dan Kepulauan Sangir Talud. Jalur gunung berapi tersebut merupakan bagian dari salah satu jalur pegunungan besar dunia yaitu Sirkum Mediterania yang diawali dari pegunungan Ural di perbatasan antara Eropa dan Asia.

Mak yang menjadi pengaruh dari Indonesia sering terjadi bencana alam, gunung meletus dan gempa bumi karena letak geografis Indonesia yang memiliki letak geografis yang diapit oleh beberapa lempeng tektonik, yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, Lempeng Pasifik, dan jalur pegunungan sirkum mediterania dan sirkum pasifik. Hal tersebut membuat Indonesia masuk ke daerah rawan bencana gunung meletus.

Tinggalkan komentar