Skema Rangkaian filter Subwoofer Sederhana IC 4558D

Skema Rangkaian filter Subwoofer Sederhana IC 4558D

Skema rangkaian filter subwoofer sederhana yang bisa kamu ikut buatnya karena mudah dan komponen yang digunakan sangat mudah didapatkan.

Komponen utama rangkaian ini yaitu IC 4558d. IC ini adalah jenis IC op AMP yang umumnya digunakan untuk membuat tone control terutama pada sistem tegangan simetris.

IC ini memiliki penguatan sinyal yang lebih baik dari pada transistor. Namun memiliki kekurangan yaitu mudahnya gangguan pada audio jika tegangan atau komponen pendukung lainnya salah dalam penempatannya.

Cara Membuat rangkaian filter subwoofer sederhana 

Rangkaian ini bisa untuk ditambahkan ke tone kontrol yang sudah ada. Bila tidak ingin suaranya terpengaruh oleh volume pada tone control utama bisa dengan menambahkan resistor 22k pada output filter subwoofer dan juga pada bagian output tone control sebelum masuk ke power amplifier.

Jika ingin frekuensi lebih rendah pada kapasitor hijau 104j bisa diganti dengan ukuran 224j. Suara yang dihasilkan akan lebih sub, namun jika ada gangguan hum lebih baik diganti lagi dengan versi standarnya. Kelemahan lain jika kapasitor diganti lebih besar adalah gerakan speaker lebih liar karena frekuensi 20 hz akan keluar.

Bahan bahan yang diperlukan

  • IC 4558 D
  • Kapasitor 104 j
  • Resistor 1k, 10k, 2k2, dan 33K
  • Tegangan 12 volt DC CT
  • Elko 1 uf 50 v atau juga bisa menggunakan 4, 7 yg 50 v

Tegangan minimal menggunakan 5 volt dengan maksimal menggunakan 15 volt. (Tegangan yang aman)

Selain itu perlu menggunakan sistem power suplay simetris, karena lebih powerfull dari pada menggunakan tegangan dua arah.

Jika ingin menggunakan adjustmen sendiri bisa dengan menggunakan potensio 50k atau samakan dengan tone kontrol utama. Sebelum ke input bisa dengan menambahkan elko 1 uf 50v.

Skema rangkaian subwoofer sederhana ini mungkin akan cocok bila digunakan hanya untuk khusus speaker subwoofer, jika digunakan pada full range maka kemungkinan suara basa tidak akan seindah pada speaker subwoofer asli. Karena respon setiap speaker tidak akan sama, speaker sub memiliki respon yang lebih cocok dengan mengunakan skema ini.

Akhir Kata

Demikian informasi yang kami sampaikan tentang Skema Rangkaian filter Subwoofer Sederhana pada IC 4558D, jika informasi yang kami sampaikan bermanfaat silahkan share keteman teman atau keluarga dan terimakasih telah membaca artikel, selamat bereksperimen.

Kata Kunciskema filter subwoofer -

Leave a Reply

Your email address will not be published.