Jelaskan tentang Compact dan Fragmented yang merupakan ciri negara-negara ASEAN berdasarkan bentuk geografis nya!

Jelaskan tentang Compact dan Fragmented yang merupakan ciri negara-negara ASEAN berdasarkan bentuk geografis nya!

Jawaban :

Negara compact adalah negara yang hanya memiliki satu daratan dan tidak terpisah dengan lautan atau batas negara lain, sedangkan Negara Fragmanted yaitu negara yang bagian negara nya terpisah – pisah baik oleh laut atau negara lain.

Penjelasan :

Berdasarkan bentuk geografisnya, bentuk negara terbagi menjadi 2 yaitu Comapct, dan Fragmanted. Negara compact adalah negara yang hanya memiliki satu daratan dan tidak terpisah dengan lautan atau batas negara lain,Negara yang termasuk berbentuk Compact adalah Singapura dan Kamboja. Singapura adalah negara yang berbentuk kecil yang tersusun atas pulau singapura. Sedangkan Kamboja adalah negara yang berbentuk hati, terletak didaratan ASIA TENGGARA. Sedangkan Negara Fragmanted yaitu negara yang bagian negara nya terpisah – pisah baik oleh laut atau negara lain. contoh negara Fragmanted dari ASEAN adalah Brunei, Malaysia, Indonesia, Fhilipina.

kesimpulannya Negara compact adalah negara yang hanya memiliki satu daratan dan tidak terpisah dengan lautan atau batas negara lain, sedangkan Negara Fragmanted yaitu negara yang bagian negara nya terpisah – pisah baik oleh laut atau negara lain.

Tinggalkan komentar