Keutuhan NKRI harus selalu dijaga dengan cqra menjaga … bangsa

Keutuhan NKRI harus selalu dijaga dengan cqra menjaga … bangsa

Jawaban :

Persatuan dan kesatuan.

Penjelasan :

Menjaga keutuhan NKRI adalah kewajiban seluruh bangsa Indonesia untuk menghindari dari ancaman baik dalam maupun luar negeri. Ancaman tersebut misalnya ada pulau lain yang diambil oleh luar negeri dan keinginan salah satu pulau di Indonesia untuk melepaskan diri. Upaya untk menjaga keutuhan NKRI antara lain:
1) Mencintai tanah air, artinya berbakti kepada negara dan bersedia berkorban membela negara. Misalnya, menjaga keamanan wilayah negaranya dari ancaman yang datang dari luar maupun dari dalam negeri.
2) Menjaga persatuan dan kesatuan, artinya membina persatuan dan kesatuan dimanapun kita berada baik di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat maupun bangsa dan negara sangat penting. Misalnya, menjalin persahabatan antarsuku bangsa, misalnya dengan memberi bantuan tanpa membedakan suku bangsa atau asal daerah.
3) Sikap rela berkorban, yaitu kesediaan dan keikhlasan memberikan sesuatu yang dimiliki untuk orang lain maupun bangsa dan negara walaupun akan menimbulkan penderitaan bagi diri sendiri.
4) Mencintai produk lokal, yaitu memilih produk lokal yang memiliki kualias bagus tidak kalah dengan produk luar selain menjaga perekonomian negara kita juga bisa membantu antar sesama.

Jadi, keutuhan NKRI harus selalu dijaga dengan cara menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Tinggalkan komentar