Apa arti Astagfirullah?

Apa arti Astagfirullah?

Jawaban:

Arti astaghfirullah adalah aku memohon ampunan kepada Allah

Pembahasan:

lafadz astaghfirullah merupakan kalimat toyyibah(baik) yang biasa dikenal dengan istighfar. Kalimat ini digunakan untuk memohon ampunan kepada Allah.
Orang yang membaca istighfar maka semua masalahnya akan diberikan solusi , menghilangkan kesedihan serta membuka pintu rizki dari arah yang tidak disangka-sangka.
QS. Nuh ayat 10-12 :
فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا . يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا . وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ
وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا
Artinya : Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh: 10 – 12)
Hadist tentang istighfar:

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أكْثِرُوْا مِنَ الْاِسْتِغْفَارِ، فَمَنْ أَكْثَرَ مِنْهُ جَعَلَ الله لَهُ مِنْ كُلِّ غَمٍّ وَهَمٍّ
فَرَجًا وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

Nabi saw. bersabda, “Perbanyaklah beristighfar, siapa yang memperbanyaknya maka Allah memberikan kelapangan untuknya dari setiap kesedihan dan kegundahan, dan Allah akan memberikan rezeki untuknya dari arah yang tidak terkira.”

Tinggalkan komentar