Cara Memperbaiki Layar TV Kurang Penuh Atas Bawah

Cara Memperbaiki Layar TV Kurang Penuh Atas Bawah

Cara Memperbaiki Layar TV Kurang Penuh Atas Bawah – Kerusakan pada TV paling sering terjadi pada semua merek seperti Samsung, China, Polytron, LG, SHARP yaitu layar tidak penuh dibagian atas atau pada bagian bawah. Tapi pada beberapa merek yang memakai komponen yang berbeda pada bagian IC vertikal. Yang paling sering ditemui IC vertikal yang dipakai adalah IC vertikal 78141 pada TV Polytron dan China.

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang ke 2 merek TV ini. Hal ini juga berlaku dimerek TV yang memakai komponen serupa.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kerusakan layar TV yang kurang penuh di bagian atas dan bawah lebih baik kita ketahui dahulu pada penyebab kerusakan. Hal ini penting untuk diketahui karena pada intinya perbaikan pada elektronik yaitu penyebabnya, kemudian baru memperbaiki.

Selain itu ketika menemukan kerusakan pada TV dengan gejala lain akan lebih mudah bila mengetahui gejala kerusakannya dari awal normal. Misalnya dengan menanyakan langsung ke pemilik TV atau dengan bertanya apa keluhan pada pengguna TV.

Cara Memperbaiki Layar TV Kurang Penuh Atas Bawah

Berikut caranya memperbaiki layar TV kurang penuh atas dan bawah :

Penyebab kerusakan tv layar tidak penuh

Layar kurang penuh atas dan bawah disebabkan karena kerusakan di blok vertikal. Itu artinya pada pembuka arah atas dan bawah tidak bisa bekerja normal. Hal ini penting untuk diketahui untuk pemula yang belum paham tentang prinsip kerja dari sistem tampilan.

Pada saat terjadi kerusakan tidak membuka pada bagian layar atas dan bawah itu disebabkan karena kerusakan blok vertikal.

Sedangkan ketika tidak membuka ke samping kiri dan kanan itu disebabkan karena blok horizontal tidak normal.

Kerusakan dasar pada TV dengan kurasakan kurang dibagian bawah atau atas disebabkan karena output dari IC vertikal kurang yang karenakan bagian input drop entah karena sinyal osilator atau tegangan pensuplay IC vertikal. Tidak hanya akan menyebabkan layar tidak penuh tapi juga bisa menyebabkan TV hanya terlihat satu garis yang melintang arah horizontal.

Semakin rekan memahami gejala dari awal akan semakin banyak pengetahuan yang akan rekan dapat ketika menemukan kerusakan dilain waktu menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

Pemahaman Yang Perlu Diketahui

Supaya lebih jelas tentang kerusakan ini rekan perlu memahami pola dasar yakni pemahaman tentang IC vertikal. Yaitu tentang tegangan maksimal, tegangan normal dan memahami letak kaki IC supaya paham mana yang harus diukur memakai multi tester.

Letak Kaki IC

Di bawah ini adalah letak kaki IC LA78141 yang memakai sistem dual power di TV Polytron. Sedangkan ketika rekan memperbaiki TV China tegangan yang dipakai adalah single power.

Perbedaan terletak disumber tegangan yakni simetris dan tidak simetris. TV Polytron memakai system simetris yang berasal dari output flyback, sedangkan TV China memakai system single yang berasal dari power suplay utama dengan tegangan sekitar 27 volt DC.

Langkah Memperbaiki TV Kurang Penuh Atas bawah

Pastikan kaki 2 diinput tegangan 27 volt bila drop periksa Elco yang memfilter tegangan 27 volt Elco 1000uf 35V.

Untuk TV Polytron yang memakai system simetris sehingga tegangan bila diukur dari ground akan terukur 15volt. Antara tegangan +12 dan -12V. Bila diukur akan terukur 30Volt bila diukur dari negatif (-) dan positif (+). Elko ukuran 470V pada masing masing tegangan 12V yang letaknya dekat dengan flyback.

Bila kaki 1 disentuh layar tidak mau membuka kemungkinan masalah ada pada kerusakan kaki pump up out atau dari kaki 3 dan 5. Biasanya memakai Elco 470 uf di TV Polytron, TV China 100uf 35V, bila diganti dengan kapasitas lebih besar bisanya layar akan semakin membesar.

Bila disentuh masih bisa membuka kemungkinan kerusakan disebabkan karena kurangnya sinyal osilator, jadi pastikan dijalur tersebut resistor pembatas tidak molor. Bila tidak molor kemungkinan IC jungle yang rusak. Ukuran resistor 10k hingga 15k (pada setiap tv berbeda) perhatikan gelang warna resistor.

Gunakan Servis Mode

Sebelum memastikan kerusakan di IC jungle coba dengan cara memakai servis mode.

Caranya cari servis mode pada merek TV yang diperbaiki misalnya Polytron servis modenya dengan cara pastikan TV dalam mode standby kemudian tekan menu sampai TV menyala kemudian masukkan koda 1013.

Pilih di Vertikal size bila sudah maksimal dan gambar malah menjadi aneh kemungkinan juga bisa dengan mengganti Elco pump up dengan ukuran yang lebih besar.

Misalkan rekan awam sekali dalam memperbaiki mesin TV. Membuka servis mode bisa menjadi pilihan ke 2 untuk mengatasi TV yang kurang penuh di bagian atas dan bawah. Misalnya hanya kurang 2 hingga 5 cm masih bisa tertolong dengan memakai servis mode.

Untuk TV China lebih mudah bila masih ada remote bawaan. Karena di remot bawaan telah tersedia servis mode, tombolnya paling kecil dan tersembunyi untuk menekannya bisanya butuh lidi khususnya untuk TV WCOM.

Tapi ini hanya sementara bila kemungkinan kerusakan disebabkan karena mesin TV maka ini hanya bertahan beberapa waktu saja.

Demikian informasi yang solderpanas bagikan tentang Cara Mengatasi Layar TV Kurang Penuh Atas Bawah. Bila bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.