Apa manfaat tumbuhan bagi manusia?

Bacalah teks berikut dengan saksama!
Tumbuhan di Berbagai Wilayah Indonesia
Tumbuhan merupakan sumber kehidupan yang berada di sekitar kita. Pada tumbuhan terdapat bagiannya, yaitu ada akar, daun, batang, buah, dan b iji. Fungsi dari bagian tubuh tumbuhan itu bermacam-macam dan sangat berguna bagi tumbuhan itu maupun makhluk hidup yang lain. Manfaat tumbuhan yaitu sebagai sumber energi bagi manusia, sumber vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh, sumber oksigen untuk bernapas, pengikat air tanah, peneduh, dan memperdah kehidupan di bumi. Adapun manfaat tumbuhan bagi hewan yaitu sebagai sumber energi bagi hewan untuk tumbuh berkembang menjadi besar. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki keanekaragaman tumbuhan (tora) terbesar di dunia. Keanekaragaman tumbuhan tersebut dapat ditemui, baik di dataran tinggi, dataran rendah, maupun di wilayah pantai mbuhan yang hidup di dataran tinggi, dataran rendah, dan wilayah pantai tentu berbeda karena lingkungan hidupnya pun berbeda. Dataran tinggi adalah daerah datar pada permukaan bumi yang mempunyai ketinggian lebih dan 500 m di atas permukaan air laut. Terdapat beberapa dataran tinggi di Indonesia, antara lain Dataran Tinggi Dekkan, Dataran Tinggi Gayo, Dataran Tinggi Dieng, Dataran Tinggi Malang, dan Dataran Tinggi Alas. Ada beberapa tanarhan yang cocok ditanam di dataran tinggi dan tidak terlalu cocok jika ditanam di dataran rendah. Adapun beberapa tanaman yang cocok ditanam di wilayah dataran tinggi, antara lain wortel, kubis kentang, stroberi, teh, kopi, dan cengkih. Berdasarkan letak geografisnya, dataran rendah adalah dataran yang berada di antara 0 sampai 200 m atau 500 m di atas permukaan laut. Ada sejumlah tanaman yang hanya bisa hidup di dataran rendah antara lain padi, kelapa, pisang, Jagung, dan tebu: Mentimun, bayam, salada, sawi, labu, kacang panjang, dan terung merupakan contoh sayuran yang dapat dibudidayakan di dataran rendah tanaman atau tumbuhan yang hidup di daerah pantai memiliki keterikatan yang sangat erat dengan lingkungan dan alam sekitarnya. Tumbahan yang dapat tumbuh di daerah pantai, yang umumnya berpasir jika diperhatikan secara saksama memiliki keunikan atau ciri khas yang tidak dimiliki oleh tanaman yang tumbuh di daerah pegunungan atau daerah dataran rendah. Ada beberapa jenis tanaman yang cocok ditanam di daerah pantai. Tanaman-tanaman itu memiliki toleransi yang sangat baik terhadap situasi pantai yang tergolong cukup ekstrem, contohnya kelapa, bakau, ketapang, dan ganggang.

Apa manfaat tumbuhan bagi manusia?

Jawaban dan Penjelasan :

Teks laporan pengamatan adalah teks yang berisi penjabaran umum atau melaporkan sesuatu berupa hasil dari pengamatan (observasi). Fungsi dari teks laporan pengamatan anatara lain:

1. Melaporkan tanggung jawab sebuah tugas dan kegiatan pengamatan.
2. Menjelaskan dasar penyusunan kebijaksanaan, keputusan dan/atau pemecahan masalah dalam pengamatan.
3. Sarana untuk pendokumentasian.
4. Sebagai sumber informasi terpercaya.

Berdasarkan teks pada soal di atas, manfaat tumbuhan bagi manusia adalah sebagai sumber energi bagi manusia, sumber vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh, sumber oksigen untuk bernafas, pengikat air tanah, peneduh, dan memperdah kehidupan di bumi. Manfaat tersebut dapat dilihat dari isi teks di atas, pada kalimat keempat.

Dengan demikian, manfaat tumbuhan bagi manusia adalah sebagai sumber energi bagi manusia, sumber vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh, sumber oksigen untuk bernafas, pengikat air tanah, peneduh, dan memperdah kehidupan di bumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.