cara memperbaiki tv china mati total

Cara Memperbaiki TV China Mati total

Cara Memperbaiki TV China Mati total – Memperbaiki TV China mati total biasanya menujukan gejala lampu LED indikator tidak menyala alias mati. Tidak ada reaksi ketika dihidupkan, MCB langsung jeglej ketika TV dihidupkan, dan kadang terdapat suara mencuit ketikan dihidupkan.

Perlu dipahami TV dengan gejala lampu standby tidak menyala bukan hanya berasal dari jalur regulator power suplay saja. Bisa jadi penyebabnya berasal dari beban yang di supply dari regulator. Lantas apa penyebabnya bila tidak hanya terjadi dijalur primer saja?.

Karena kadang regulator tidak bisa bekerja bila terjadi short dijalur tegangan tinggi 115vot. Semua tegangan akan mengalami drop bahkan penyebab TV mati total itu terkadang disebabkan oleh konslet dijalur tegangan B+ dan tegangan vertikal 27V. Akibatnya kadang fuse putus bila fuse tidak putus transistor regulator yang jebol. Itulah gejala kerusakan dikeruskaan regulator.

Ada banyak macam jenis TV China, tapi yang beredar sekarang ini dengan jenis mesin TV WCOM dan wansonic. Mungkin TV WCOM lebih banyak dan lebih umum.

Cara Memperbaiki TV China Mati total

Sebelum membuka chasing TV pastikan dahulu streker sudah masuk ke terminal kontak dan pastikan listrik mati.

Kemudian periksa kabel steker dan pastikan dalam keadaan normal. Karena dalam kasus tertentu TV mati disebabkan karena kabel steker dalam keadaan putus karena dimakan tikus.

Terkadang kabel yang dimakan tikus menyebabkan konsleting pada kabel sehingga pada saat TV dihidupkan MBC rumah jeglek.

Hal ini perlu menjadi perhatian sebelum memeriksa kedalam chasis TV atau mesin TV. Ketika sudah dipastikan kabel steker baik sekarang lanjut kedalam chasis TV.

Buka chasing TV China dengan hati hati.

Baca Juga :  Apa Penyebab TV Tiba-tiba Mati?

Bersihkan mesin dari debu memakai kuas.

Kalau TV China mati total lampu indikator akan berwarna merah dan tidak menyala, periksa jalur saklar memakai multi tester ohm meter. Untuk memeriksa saklar, tempelkan antar ujung streker dengan soket yang menempel dimesin TV dijalur kabel saklar.

Atau bisa dengan memakai tegangan, yaitu TV dalam keadaan terhubung dengan stop kontak dan mengukur diposisi AC volt. Untuk memastikan tegangan sudah masuk atau belum. Ukur dijalur masuknya tegnagan 220V. kemudian rubah fungsi tester ke DC V 1000V ukur tegangan pada Elco yang berukuran 450V yang tepatnya diblok regulator. pastikan ada tegangan.

Tapi pastikan fuse dalam keadaan baik, bila fuse atau sekring putus menandakan terdapat kerusakan parah diarea regulator, misal dioda bridge dibagian primer tegangan 220V masuk.

Bila tegangan sudah masuk, sekarang ukur tegangan pada output power supply.

Pemeriksaan Tegangan Blok Power Supply TV China Primer Dan Sekunder

Pastikan multi sudah dc volt. Karena bila permindah fungsi pada multitester masih didalam fungsi ohm meter, multitester akan langsung rusak.

Perisa tegangan output power supply yaitu:

  • Bagian B+ 115 volt di pensupply tegangan tinggi flyback. Batas DC meter 250V,
  • Tegangan IC vertikal 24 sampai 27V.
  • IC jungle 5V cari data site.
  • Tegangan 12V audio dan yang lainya.
  • Jika pada jalur output primer regulator tidak terdapat tegangan, berarti terjadi kerusakan dibagian primer regulator. Bila ini yang terjadi jangan lanjutkan pengukuran dalam keadaan terhubung dengan jala jala listrik. Kemungkinan yang terjadi adalah tidak bekerjanya blok power supply.

Ketika mau memeriksa komponen yang berada diblok primer power supply, pastikan rekan sudah

Meng shor elco tegangan tinggi dipemfilter tegangan 300v, kerena disini kadang masih menyimpan tegangan. Jika tidak di short akan membahayakan.

Baca Juga :  Cara Masuk Ke SERVIS MODE TV SHARP Piccolo Slim

Dalam kebanyakan kasus TV China mati total yang disertai dengan lampu indikator tidak menyala biasanya dikarenakan oleh komponen berikut :

Transistor D2498

  • Transistor driver A1015, C945 atau C3807.
  • C681K yang terletak dicolektor transistor D2498.
  • Dan komponen pendukung lainnya.

Jika output power supplay ada tapi drop kemungkinan :

  • Transistor horisontal mengalami short bila hanya B+ 115V drop.
  • Jika hanya 27V yang drop berarti IC vertikal mengalami short.
  • Jika semua output power supply ada tapi drop bisa jadi TV dalam kadaan standby.
  • Atau juga bisa terjadi kerusakan diblok IC optokopler yang terlalu besar menginput ke power supply sehingga tegangan mengalami drop.

Flyback short kadang juga menjadi pemyebab tegangan B+ 115V menjadi drop. Untuk itu bila mengukur tegangan B+ perlu dilepas dulu bebannya.

Periksa dioda penyearah di output atau sekunder power supply. Karena short di salah satu saja dapat menyebabkan semua tegangan drop. Bahkan ini dapat berakibat pada kematian transistor D2498 dipower supply.

Biasanya jika permasalahannya ditandai dengan TV yang dinyalakan membuat MBC rumah langsung jeglek, pertama periksa transistor D2498.

Atau tidak bekerjanya transistor D2498 biasa ditandai elco 400v dibagian primer power supply masih menyimpan tegangan. Untuk itu harus di short dulu sebelum memeriksa transistor.

Terdapat sebuah kasus kerusakan yang sangat menyebalkan yaitu transistor D2498 di TV China mati terus meski sudah diganti berkali kali. Ini ternyata disebabkan karena terjadi short pada capasitor berwarna biru yang berukuran 681kv dan terletak dikaki colector transistor D2498. Selain itu juga dapat disebabkan karena transistor A1015.

Kebanyakan kasus pada TV China yang mati total berasal dari jalur regulator yakni transistor D2498 yang menjadi sunber masalah karena sering terjadi short pada komponen ini.

Baca Juga :  Cara Mencegah Transistor Horizontal Jebol Lagi

Akhir Kata

Demikian informasi yang solderpansa sampaikan tentang Cara Memperbaiki TV Cina Mati tota. Jika informasi ini bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.