Tanggapan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah

Bacalah paragraf berikut!
(1) Minyak bumi adalah sumber energi yang tidak dapat diperbarui.

(2) Cadangan minyak bumi Indonesia saat ini hanya 8,4 milyar barel.

(3) Dengan laju pengurangan produksi 400 juta barel per tahun, apabila tidak ditemukan cadangan baru, diperkirakan minyak bumi Indonesia hanya tersisa untuk jangka waktu 21 tahun.

Tanggapan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ….
a. Bahan bakar minyak masih tersedia cukup untuk 35 tahun.
b. Ketersediaan minyak bumi harus dihemat penggunaannya.
c. Produksi minyak bumi mencapai 500 juta barel per tahun.
d. Persediaan minyak bumi Indonesia masih tersedia banyak.

Jawaban :

B. Ketersediaan minyak bumi harus dihemat penggunaannya.

Penjelasan :

Teks tanggapan adalah teks yang berisi komentar atau reaksi dari suatu pernyataan baik berupa kritik, komentar dan lain sebagainya. Kalimat tanggapan adalah suatu bentuk sambutan berupa komentar dari orang lain terhadap suatu pernyataan atau peristiwa yang dia ketahui.

Secara umum kalimat tanggapan terbagi menjadi dua jenis, yaitu :
1. Kalimat tanggapan positif adalah kalimat tanggapan terhadap suatu pernyataan atau peristiwa yang bersifat positif atau mendukung terhadap pernyataan ataupun peristiwa tersebut. Kalimat tanggapan ini digunakan untuk menyatakan persetujuan terhadap pernyataan ataupun peristiwa terkait.
Contoh: Album tersebut merupakan bentuk lain dari kreativitas sang artis. Dia ingin menunjukan jika selain jago dalam dunia seni peran dia juga bisa dalam seni suara.
2. Kalimat tanggapan negatif adalah kalimat tanggapan terhadap suatu pernyataan ataupun perisitwa yang bersifat negatif ataupun tidak mendukung terhadap pernyataan ataupun peristiwa tersebut. Kalimat tanggapan ini digunakan untuk menyatakan ketidak setujuan ataupun menyangkal terhadap suatu pernyataan ataupun peristiwa yang terkait.
Contoh: Artis itu hanya memanfaatkan ketenarannya saja. Lagu di albumnya juga tidak bagus. Suaranya juga tidak begitu bagus.

Isi kutipan teks tersebut tentang minyak bumi adalah sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Minyak bumi Indonesia hanya tersisa untuk jangka waktu 21 tahun, maka untuk mengantisipasi habisnya minyak bumi tersebut perlu dihemat penggunaannya. Tanggapan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah “ketersediaan minyak bumi harus dihemat penggunaannya.”

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Tinggalkan komentar