Pak Danu memelihara kambing. Namun kandangnya berada di samping jalan. Kotoran kambing banyak jatuh ke jalan. Warga merasa terganggu saat lewat. Pak Danu sebaiknya

Pak Danu memelihara kambing. Namun kandangnya berada di samping jalan. Kotoran kambing banyak jatuh ke jalan. Warga merasa terganggu saat lewat.

Pak Danu sebaiknya ….
a. Tidak memelihara kambing
b. Memindahkan letak kandangnya
c. Melarang warga lewat

Jawaban :

B. Memindahkan letak kandangnya

Penjelasan :

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kalimat ialah satuan bahasa yang secara relatif berdiri sendiri, mempunyai pola intonasi final dan secara aktual ataupun potensial terdiri atas klausa.

Salah satu jenis kalimat ialah kalimat saran. Kalimat saran merupakan kalimat yang menunjukkan pendapat atau usul untuk menjadi bahan pertimbangan pembaca.

Ciri-ciri kalimat saran sebagai berikut.
1. Mengandung pendapat atau usul dari seseorang.
2. Berfungsi sebagai bahan pertimbangan.
3. Ditandai oleh kata “sebaiknya”, “hendaknya”, “seharusnya”, dan sejenisnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, saran yang tepat untuk kondisi Pak Danu adalah Pak Danu sebaiknya memindahkan letak kandangnya. Saran tersebut sesuai dengan kondisi Pak Danu yang meletakkan kandangnya di samping jalan sehingga warga merasa terganggu karena kotoran kambing banyak jatuh ke jalan. Hal ini terlihat pada kutipan “Namun kandangnya berada di samping jalan. Kotoran kambing banyak jatuh ke jalan. Warga merasa terganggu saat lewat.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Baca Juga :  Dalam satu paragraf terdapat.... gagasan pokok