Siapa saja yang menjadi tokoh pendamping?

Suatu hari, Serigala bertemu Kuda yang jatuh terjebak di kubangan lumpur. Serigala hendak memangsa Kuda, tapi Kuda berkata, “Tuan Serigala, jika kau ingin memakanku, sebaiknya kau tarik aku keluar dari kubangan ini lebih dulu”

Serigala menuruti kata-kata Kuda. Ia menarik Kuda dari kubangan lumpur. Lalu, serigala bersiap memakan Kuda. “Tapi badanku penuh lumpur, Tuan Serigala. Sebaiknya kau bersihkan dulu badanku” kata kuda. Serigala pun membersihkan tubuh Kuda. Setelah itu, ia bersiap memakan Kuda. Tapi, lagi-lagi kuda berkata”Ada tulisan di salah satu telapak kaki belakangku. Maukah kau membacanya dulu sebelum memakanku?” Kuda mengangkat salah satu kaki bela kangnya. Saat Serigala mendekat hendak membaca, Kuda segera menendang Serigala hingga jatuh pingsan. Saat siuman, Serigala menyesali kebodohannya. Lalu ia meneruskan perjalanan.
Disarikan dari cerita Dongeng Dunia Sepanjang Masa, 2010

Siapa saja yang menjadi tokoh pendamping?

Jawaban :

Tokoh pendamping dalam teks fabel di atas adalah Kuda.

Pembahasan :

Teks tersebut adalah teks fabel. Fabel adalah cerita yang berisi tentang kehidupan binatang yang mana binatang dapat berbicara, melakukan sesuatu seperti apa yang manusia lakukan. Cerita fabel berisi pesan moral dari kehidupan manusia yang dapat diambil untuk dijadikan pelajaran.

Salah satu unsur intrinsik dalam fabel adalah tokoh. Tokoh adalah orang/hewan yang menjadi pelaku dalam cerita (tokoh protagonis dan antagonis, serta tokoh utama dan tokoh pembantu).

Ciri tokoh utama adalah:
1. Sering dibicarakan.
2. Sering muncul.
3. Menjadi pusat cerita.

Ciri tokoh pembantu/pendamping adalah:
1. Jarang muncul.
2. Kehadirannya untuk melengkapi tokoh utama.
3. Menjadi tokoh tambahan.

Berdasarkan penjelasan di atas, tokoh utama dalam fabel adalah serigala dan tokoh pendamping adalah kuda.

Baca Juga :  Apa saja Huruf Huruf Konsonan

Jadi, tokoh pendamping dalam teks fabel tersebut adalah Kuda.