Pesan moral apa yang dapat diambil dari cerita di atas?

Suatu hari, Serigala bertemu Kuda yang jatuh terjebak di kubangan lumpur. Serigala hendak memangsa Kuda, tapi Kuda berkata, “Tuan Serigala, jika kau ingin memakanku, sebaiknya kau tarik aku keluar dari kubangan ini lebih dulu”

Serigala menuruti kata-kata Kuda. Ia menarik Kuda dari kubangan lumpur. Lalu, serigala bersiap memakan Kuda. “Tapi badanku penuh lumpur, Tuan Serigala. Sebaiknya kau bersihkan dulu badanku” kata kuda. Serigala pun membersihkan tubuh Kuda. Setelah itu, ia bersiap memakan Kuda. Tapi, lagi-lagi kuda berkata”Ada tulisan di salah satu telapak kaki belakangku. Maukah kau membacanya dulu sebelum memakanku?” Kuda mengangkat salah satu kaki bela kangnya. Saat Serigala mendekat hendak membaca, Kuda segera menendang Serigala hingga jatuh pingsan. Saat siuman, Serigala menyesali kebodohannya. Lalu ia meneruskan perjalanan.
Disarikan dari cerita Dongeng Dunia Sepanjang Masa, 2010

Pesan moral apa yang dapat diambil dari cerita di atas?

Jawaban :

Pesan moral dari teks fabel di atas adalah selalu waspada, berpikir sebelum bertindak, dan tidak mudah diperdaya orang lain.

Pembahasan :

Teks Fabel adalah salah satu cerita rakyat dengan tokoh para hewan yang digambarkan memiliki watak dan perilaku seperti manusia. Cerita fabel biasanya berisi pesan moral.

Ada beberapa ciri fabel yang membedakan fabel dengan cerita lainnya, yaitu:
1. Fabel merupakan cerita fiksi
2. Tokoh-tokoh biasanya para hewan.
3. Watak para hewan digambarkan seperti manusia ada yang baik, ada yang buruk.
4. Tokoh para hewan bisa berbicara seperti manusia.
5. Fabel menggunakan latar alam seperti hutan, sungai, kolam, gunung, dan lain-lain.
6. Cerita memiliki rangkaian peristiwa yang menunjukkan kejadian sebab-akibat. Rangkaian sebab-akibat diurutkan dari awal sampai akhir.
7. Mengandung amanat atau moral cerita.
8. Fabel biasanya menggunakan kalimat naratif, kalimat langsung, dan bahasa percakapan.

Pesan moral adalah amanat yang ingin disampaikan pengarang kepada pembacanya. pesan moral berupa nilai-nilai baik yang bisa dijadikan teladan atau contoh bagi para pembaca. Pesan moral biasanya disampaikan melalui tokoh, latar, maupun alur cerita itu sendiri.

Ciri-ciri pesan moral:
1. Biasanya disampaikan di akhir cerita. Pesan moral dalam sebuah cerita dapat bersifat tersurat dan tersirat, untuk dapat mengetahui pesan yang disampaikan, pembaca harus membaca cerita tersebut hingga akhir.
2. Pesan moral bisa disampaikan dalam bentuk seruan, nasehat, peringatan, saran, anjuran, ataupun larangan untuk melakukan sesuatu.
3. Pesan moral juga bisa disampaikan secara tersirat melalui tokoh, baik melalui tingkah laku, dialog, maupun tindakan tokoh.

Sesuai penjelasan, pesan moral dari teks fabel di atas disampaikan secara tersirat melalui tindakan tokoh utama, yaitu serigala yang dengan mudahnya diperdaya kuda karena ketamakannya. Dari tindakan serigala tersebut pesan moral yang dapat dipetik adalah “harus selalu waspada, selalu berpikir sebelum bertindak, dan jangan mudah diperdaya orang lain. Hal ini dibuktikan dari tindakan serigala “Serigala menuruti kata-kata Kuda. Ia menarik Kuda dari kubangan lumpur. Lalu, serigala bersiap memakan Kuda”, lalu rasa penyesalan serigala di akhir cerita “Saat siuman, Serigala menyesali kebodohannya. Lalu ia meneruskan perjalanan.”

Dengan demikian, pesan moral dari teks fabel di atas adalah selalu waspada, berpikir matang sebelum melakukan sesuatu dan jangan mudah diperdaya orang lain.

Check Also

Gigitan hewan … bisa menyebabkan penyakit demam berdarah Kata yang sesuai untuk melengkapi kalimat dinayas adalah

Gigitan hewan … bisa menyebabkan penyakit demam berdarah Kata yang sesuai untuk melengkapi kalimat dinayas …